Publikasi » Detail

Berhasil Turunkan Stunting 3 Persen, Kab. Basel Raih Nilai Tertinggi Kinerja Penanganan Stunting di Babel

Detail Publikasi

Toboali - Kabupaten Bangka Selatan berhasil meraih Peringkat Tertinggi Penilaian Kinerja Penanganan Stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penilaian Kinerja Penanganan Stunting Kabupaten/Kota tersebut dilakukan  Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama tiga hari berturut-turut dari  Rabu 19 Juni s.d Jum'at 21 Juni 2024.

Seizin Bupati, Kepala BAPPELITBANGDA Kabupaten Bangka Selatan Ir. Herman, SP., M.Eng menyampaikan bahwa pada proses penilaian tersebut, seluruh kabupaten/kota diberikan kesempatan untuk memaparkan permasalahan, strategi dan inovasi penanganan serta hasil yang dicapai terkait kinerja stunting. 

"Alhamdulillah berdasarkan informasi pengumuman dari tim penilai, Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan predikat nilai tertinggi, disusul oleh Kabupaten Bangka dan Belitung Timur. Kabupaten Bangka Selatan sendiri berhasil menurunkan angka stunting menjadi 20,3% pada tahun 2023 dari 23,0% di tahun 2022. Begitu pula dengan persentase keluarga beresiko stunting turun drastis menjadi 26,41% jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 66,60%," ujarnya.

Kemudian, Herman mengatakan untuk mencapai kinerja tersebut, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan sendiri melakukan berbagai inovasi program dalam rangka Penanganan Stunting di Kabupaten Bangka Selatan.

"Untuk mencapai kinerja tersebut Pemerintah Daerah melakukan berbagai inovasi, antara lain seperti Gardu Kemunting (Gerakan Terpadu Kendalikan dan Tuntaskan Stunting), Berkat Pasti (Bergerak Serentak Penurunan Stunting), Batu Belimbing (Bersama Bunda, Turun Benahi dan Lihat Tumbuh Kembang Anak Stunting), Layar Gading Ranting (Layanan Antar Jemput Cegah Rawat Darurat dan Stunting), Moge Promkes dan Nyuling (Motor Gesit Promosi Kesehatan dan Penyuluhan Keliling), Yuk Krio (Yuk Konsultasi Di Rumah Sakit Mengenai Informasi Kesehatan Secara Online) dan beberapa inovasi lainnya," ungkapnya.

Disamping itu, lebih jauh Herman menyampaukan jika Penanganan Stunting di Kabupaten Bangka Selatan juga melibatkan berbagai stakeholder seperti TP PKK Kabupaten Bangka Selatan, Instansi, Forkopimda bahkan pihak swasta seperti Bank Sumsel Babel dan Perusahaan. 

"Kami mengucapkan terimakasih atas kolaborasi kita semua untuk pencapaian ini. Selanjutnya informasi yang Kami terima bahwa untuk penyerahan penghargaan, akan diberikan kepada Kepala Daerah dalam waktu dekat ini. Selain itu, atas capaian ini, Tim Kementrian Kesehatan direncanakan juga akan berkunjung ke Bangka Selatan," pungkas Herman. (*Tim)

 

*Tim Redaksi Diskominfo

Bagikan:

Publikasi Lainnya: