Toboali City On Fire Sesi 4 Resmi Dilaunching Oleh Menpar

Jakarta - Toboali City on Fire (TCoF) Sesi 4 resmi dilaunching oleh Menteri Pariwisata (Menpar) RI Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E, M.M dan Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rabu (17/07/2019) sore.

Event pariwisata tahunan yang ke - empat kalinya tersebut dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara datang ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Khususnya ke Kabupaten Bangka Selatan. TCoF Sesi 4 kembali akan hadir pada 25 – 28 Juli mendatang, di Kawasan GOR Junjung Besaoh Basel, dan beberapa lokasi lainnya.

Di sesi 4 ini, TCoF akan menyuguhkan tema “Unforgettable Taste” atau Citarasa Legendaris. Melalui tema ini, Kab. Basel ingin memberikan yang terbaik, menjadikan Pariwisata dan Budaya Basel akan selalu dikenang dan memberikan kesan yang baik bagi wisatawan yang datang sehingga akan terus kembali lagi serta memberikan manfaat bagi kemajuan sektor Ekonomi Kreatif yang ada di Bumi Junjung Besaoh.

Pariwisata Babel kini memiliki tiga event unggulan yang masuk dalam 100 CoE WI 2019 yaitu Bangka Cultural Wafe Festival (Coming Home Celebration) di Sungailiat, Festival Tanjung Kelayang di Belitung, dan TCoF Season 4 yang akan berlangsung di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E, M.M berharap ketiga event unggulan ini dapat menjadi sarana promosi yang efektif dalam mendatangkan wisatawan ke Bangka dan Belitung. "Semoga setiap penyelenggaraan event di Babel, pariwisata kita maju terus. Dengan kemakmuran, kesejahteraan kita semakin meningkat," ungkap dia.

Sementara, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi pelaksanaan TCoF yang juga masuk dalam Calendar of Event (CoE) 2019. "Event TCOF Season 4 ini sudah dikurasi oleh Tim CoE Kemenpar dan telah memenuhi unsur 5C: Creative value, Commercial value, Communication Value, CEO commitment serta Consistency," kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menyatakan, CEO Commitment kepala daerah (Gubernur/Walikota/Bupati) menjadi unsur penting dalam mengembangkan pariwisata karena 50 persen keberhasilan pariwisata di daerah ditentukan oleh komitmen tersebut. Gubernur Bangka Belitung (Babel) dan Bupati Kabupaten Bangka Selatan membuktikan komitmennya dalam menunjukkan hasil diantaranya dengan ditetapkannya Tanjung
memajukan sektor pariwisata. Usaha ini mulai Kelayang, Belitung sebagai satu di antara 10 destinasi pariwisata prioritas atau Bali Baru oleh Presiden Joko Widodo.

Penyelenggaraan event ini akan dimeriahkan berbagai acara antara lain Ngarak Telok Herujo, Habang Band Festival, Bikepacker Festival Layang-Layang, Toboali Photo Competition, Toboali Expo, Nganggung 1000 Dulang, Touring Motor, Toboali Fashion Carnival, Lomba Memancing, Toboali Food Street Festival, Mural Festival, Festival Tari Kreasi Daerah, Vlog Competition, Parade Budaya, Lomba Lukis Tudung Saji, Famtrip, dan Pameran Photo.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Menpar Arief Yahya didampingi Johnnie Sugiarto (owner) meluncurkan El-John TV sebagai media yang fokus pada pariwisata, bisnis, dan investasi. "El-John TV pertama dan satu-satunya televisi pariwisata Indonesia yang didirikan sejak tahun 2007 di bawah PT El John Star Vision," kata Johnnie Sugiarto.

El-John TV sebagai televisi berbasis streaming yang disiarkan melalui multiplatform digital sehingga bisa diakses melalui berbagai aplikasi digital seperti Android, loS, dan satelit Ku-Band yang terpancar ke seluruh wilayah Indonesia selama 24 jam dengan mudah dan gratis. "Selain itu El Jhon TV juga dapat diakses melalui aplikasi KUGO yang dapat di download secara gratis pada Play Store dan APP Store," kata Johnnie Sugiarto.

Turut hadir Ketua DPRD Bangka Selatan H. Sipioni, Ketua Ikatan Masyarakat Babel Azwardi Azhar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. Rivai, Tenaga Ahli Manajemen CoE/Ketua Tim Pelaksana CoE Esthy Reko Astuti.

Usai sambutan, dilakukan penyerahan plakat oleh Gubernur Kep. Babel dan Bupati Basel kepada Menteri Pariwisata RI. Terakhir dilakukan pemukulan bedug sebagai tanda event Toboali City on Fire Sesi 4 secara resmi dibuka sekaligus dilakukan Soft Launching Eljohn TV.

Untuk Info lebih lanjut, kunjungi www.toboalicityonfire.com, instagram @tic_basel/tobolicityonfire, facebook @tic basel/pariwisata bangka selatan, dan via email : tic_basel@yahoo.com

Sekretariat acara :
Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga  Kab. Basel (Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Basel Gn. Namak Toboali)

Tourist Informagion Centre (TIC) Bangka Selatan (Jl. Asrama Polsek, Kelurahan Tanjung Ketapang, Toboali)

(*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo dan Biro Komunikasi Publik
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edo Lebiro
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo