Edukasikan Pengurangan Sampah Plastik Lewat Rakon TP PKK Provinsi Kepulauan Babel

Toboali - Peran kelembagaan perempuan termasuk didalamnya anggota tim penggerak PKK melalui program-program kerjanya dapat membantu pemerintah dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman nilai ekonomis sampah. 

Demikian seperti yang disampaikan Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si melalui Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPPPAPMD) Suprayitno, S.Ag, M.Si saat Rapat Konsultasi (Rakon) TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2019, dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Melati Erzaldi dan 293 kader TP PKK se Prov. Kep. Babel, di Hotel Grand Marina Toboali, Selasa (6/8/2019).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari dimulai dari tanggal 06-07 Agustus 2019 ini, bertemakan "Melalui Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Kita Edukasikan Pengurangan Sampah Plastik Menuju Keluarga Sehat Ramah Lingkungan". Masalah lingkungan yang paling banyak adalah sampah. Sampah merupakan suatu permasalahan yang dihadapi semua negara, baik negara maju, berkembang ataupun negara miskin. 

"Perlu adanya peranan perempuan melalui gerakan PKK kita usahakan dapat mengurangi limbah sampah plastik dan sekaligus meningkatkan nilai sampah menjadi sebuah nilai ekonomis untuk meningkatkan pendapatan keluarga," ungkap Suprayitno. 

Lebih jauh ia mengatakan masih banyak tugas yang harus dilakukan untuk terus membangun lingkungan ramah dan sehat, tentunya acara seperti ini yang diharapkan dapat membuka pikiran masyarakat untuk menjaga lingkungan. Terutama untuk generasi milenial yang menjadi bagian besar dari pembangunan karakter. 

Melalui penguatan kelembagaan perempuan di kabupaten hingga desa diharapkan edukasi tentang sampah ini dapat mengurangi jumlah sampah plastik dan mengarahkan ibu-ibu rumah tangga serta anak-anak untuk mengurangi penggunaan makanan dan minuman kemasan. Juga mengingkatkan kreativitas perempuan dalam menciptakan karya dari sampah plastik sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga. 

Senada, Ketua TP PKK Kab. Basel Ny. Ir. Hj. Ekawati Justiar, Dipl. SE mengatakan saat ini kehadiran PKK menjadi jawaban terhadap kebutuhan organisasi pemberdayaan masyarakat untuk mencapai terwujudnya keluarga bahagia, sehat, sejahtera. Salah satunya karena PKK dapat menjangkau jaringan ke lini paling bawah setingkat RT melalui Dasa Wisma. Oleh sebab itu, imbuh dia, PKK menjadi partner bagi pemerintah dalam menyampaikan program program pembangunan mulai dari penanganan anak usia dini usia remaja, penanganan sampah sampai menjaga kesehatan masyarakat.

"Tak dapat dipungkiri, tugas PKK kedepan akan semakin berat seiring dengan semakin kompleksnya permasalahan dalam masyarakat," ungkap dia. 

Untuk itu rakon ini sangat strategis terutama dalam memantapkan upaya, langkah-langkah dan strategi pemerintah untuk meningkatkan dukungan kebijakan dan program PKK serta menjadi sarana konsolidasi organisasi untuk menguatkan kapasitas dan kapabilitas kader-kader PKK.

"Terkait tema rakon kali ini, Peran kita sebagai PKK mengurangi penggunaan plastik di rumah tangga kita karena rumah tangga adalah kunci penanggulangan sampah plastik. Kesadaran dan kepedulian terhadap pengelolaan sampah harus mulai kita kenalkan kepada anggota keluarga dan masyarakat sekitar, karena sampah bila tidak diolah akan menjadi ancaman bagi kesehatan manusia dan lingkungan baik di daratan maupun di lautan," pungkas Ekawati. 

Saat membuka kegiatan tersebut, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Toni Batubara mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan terima kasih yang tulus kepada seluruh tim penggerak PKK dan para kadernya yang telah bekerja keras membantu pemerintah daerah dalam pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini. 

Dirinya juga sangat berharap kepada seluruh yang hadir bahwa kader-kader PKK bisa menjadi aktor-aktor di lingkungannya untuk bisa mengawal inovasi-inovasi yang telah direncanakan. "Jangan berhenti berkarya, tetapkan hati untuk ikhlas bekerja dan berikan manfaat bagi siapapun selagi kita masih mampu mewujudkannya," pungkas dia. (*edokfo) 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra | Erwin Saputra
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo