Danau Penuh Orang, Ternyata Ini Penyebabnya

Toboali - Sebanyak 127 peserta mengikuti Lomba Mancing yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan, di Danau Junjung Besaoh, Sabtu (27/7/2019) pagi. 

Peserta lomba mancing ini tak hanya berasal dari warga toboali saja, namun ada yang jauh jauh dari pangkalpinang dan daerah lainnya turut meramaikan perlombaan ini. Selain berasal dari luar daerah, lomba mancing ini juga tak hanya diikuti oleh para lelaki, namun para perempuan juga tak sedikit yang mengikuti lomba mancing ini. 

Perlombaan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini digelar untuk menyemarakkan event Toboali City on Fire (TCoF) sesi 4. Ada dua kategori yang dilombakan. Pertama kategori terberat, yakni timbangan terberat dari seluruh hasil ikan. Sedangkan kategori kedua yakni kategori berat per ekor yang didapat oleh peserta. 

Ketua panitia lomba mancing, Adiyansyah atau yang sering dipanggil Adi abing mengatakan, sampai saat ini terdata dari panitia ada 127 peserta lomba mancing yang sudah mendaftar. 

"Peserta berasal dari berbagai kalangan, ada yang individu ada pula yang datang bersama komunitas memancing berbagai daerah, " imbuhnya.

Dikatakannya, dalam perlombaan ini terdapat dua kategori juara yakni kategori berat perekor dan total berat keseluruhan dengan total hadiah 20 juta. 

"Lomba mancing dimulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00 dengan sistem yang berhasil dapat ikan langsung ditimbang, nanti panitia akan mendatanya dan setelah selesai baru nanti diumumkan siapa pemenangnya," katanya. 

Terakhir ia mengatakan, terimakasih kepada seluruh panitia yang berasal dari karang taruna yang berjumlah 20 orang, terimakasih juga pada peserta dan keamanan yang telah turut serta menyukseskan acara ini.

Beragam hadiah telah disiapkan oleh pihak panitia. Dalam lomba ini, peserta diwajibkan membawa umpan dan alat pancing sendiri satu orang satu dan ditempeli stiker lomba oleh panitia, rangkaian kail hanya diperbolehkan maksimal 2 mata kail.

Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, sistem penimbangan ikan, yakni setiap ikan yang didapat para peserta lomba langsung dilakukan penimbangan di meja dewan juri dan dicatat di form hasil sementara peserta lomba. (*edokfo) 

 

 

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro | Geger Agung Satria
Fotografer: 
Edi Saputra | Erwin Saputra
Editor: 
Edo Lebiro | Abubakar
Bidang Informasi: 
Kominfo