Sosialisasi Tupoksi PPID Digelar, Dikominfo Basel Harap PPID Bisa Optimal Dalam Pelayanan Informasi

Toboali - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melalui Bidang Komunikasi dan Informasi Publik menggelar Sosialisasi Tupoksi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam Pengelolaan Daftar Informasi Publik (DIP) di Ruang Rapat Gunung Namak Sekretariat Daerah, Selasa (05/11/2019).

Sosialisasi Tupoksi PPID dalam Pengelolaan DIP ini dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Dikominfo Kab. Basel Sumadi, S.Pd. Dalam kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh para narasumber diantaranya Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H. K. A Cholil, M.Si yang sekaligus sebagai PPID Utama di tingkat Provinsi dan Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syawaludin, M.H.

Plt. Kepala Dikominfo Sumadi, S.Pd menyampaikan bahwa pada dasarnya, informasi tentang Penyelenggaraan Pemerintah adalah bersifat terbuka, masyarakat dapat mengetahui seluas-luasnya informasi yang berkenaan dengan jalannya pemerintahan, namun ada juga beberapa informasi yang dikecualikan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Pasal 17.

"Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dengan keterbukaan informasi, masyarakat menjadi lebih aktif dan turut serta dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan, ini lah yang menjadi dasar bahwa Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) harus mampu untuk menyediakan informasi yang diminta oleh masyarakat," ungkapnya.

Adapun materi yang disampaikan narasumber yaitu berkenaan dengan Peran dan Tanggung Jawab PPID yang disampaikan oleh Bapak H. K. A. Cholil, M.Si, sedangkan materi kedua yaitu Manual Instrumen Pengisian Daftar Informasi Publik (DIP) yang di isi oleh Bapak Syawaludin, M.H dan terakhir materi simulasi bagaimana melakukan input data DIP pada website PPID oleh panitia dari Dikominfo sebagai panitia penyelenggara sosialisasi.

Peserta Sosialisasi Tupoksi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam Pengelolaan Daftar Informasi Publik (DIP) ini diikuti oleh OPD dan kecamatan se - Kabupaten Bangka Selatan. (*ggr) 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Geger Agung Satria
Fotografer: 
Edi Saputra | Erwin Saputra
Editor: 
Abubakar | Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo