Dikominfo Basel Gelar Rapat Mengenai Sistem Informasi Manajemen Data dan Statistik Terintegrasi

Toboali - Bertempat di Rumah Kreatif Bangka Selatan (Basel), Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kabupaten Bangka Selatan melalui Bidang Persandian, Statistik dan Pemberdayaan TIK mengadakan rapat internal mengenai Sistem Informasi Manajemen Data dan Statistik Terintegrasi (SIMDASI), Rabu (04/09/2019).

Rapat internal ini dibuka secara resmi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Basel Achmad Ansyori, SH, M.Si dan dihadiri Kasi DLS BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Aja Nasrun.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan Achmad Ansyori, SH, M.Si dalam rapat internal tersebut menyampaikan bahwa nantinya semua data yang ada di Basel itu keluarnya dari Dinas Kominfo.

"Siapapun yang perlu data itu mintanya ke kominfo saja, tidak perlu ke OPD lain, tidak perlu kemana-mana cukup buka website nya Basel yang dikelola kominfo akan dapet semua seperti berapa jumlah penduduk, jumlah keluarga dan lain-lain," paparnya.

Sementara itu, Kasi DLS BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Aja Nasrun menjelaskan bahwa selama ini pengumpulan data statistik satu data ini masih manual sehingga malalui aplikasi Sistem Informasi manajemen Data dan Statistik terintegrasi (SIMDASI) lebih terorganisasi dan OPD OPD dapat menyediakan datanya bisa melalui aplikasi ini.

"Yang menarik dalam SIMDASI ini ada singkronisasi, singkronisasi ini sangat penting bagi OPD tidak hanya dilevel Kabupaten juga di level Provinsi dan Nasional, singkronisasi pada SIMDASI ini menitik beratkan pada konsistensi tabel-tabel pokok yang disediakan OPD," terangnya.

Simdasi ini dibangun sebagai sistem usulan, yang akan menjadi pusat pnenyimpanan data Statistik Indonesia dan Daerah Dalam Angka (SI-DDA). (*ggr) 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Geger Agung Satria
Fotografer: 
Edi Saputra
Editor: 
Edo Lebiro | Abubakar
Bidang Informasi: 
Kominfo