Peringati Hari Fisioterapi Sedunia, RSUD Kabupaten Basel Gelar Bakti Sosial di SLB Negeri Toboali

Toboali - Instalasi Rehab Medik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melaksanakan Bakti Sosial "Assesment Fishioterapi" (Screening Test Kesehatan Gerak dan Fungsi) dan pengenalan program therapy wicara untuk anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Senin (16/09/2019) pagi. 

Dalam rangka memperingati hari Fisioterapi sedunia (World Physiotherapy Day) setiap tanggal 8 September, maka para praktisi fisioterapi merayakannya dan menjadi momen bagi para fisioterapis terhadap pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat global dalam dunia kesehatan. Pelayanan Fisioterapi meliputi segala usia mulai dari dalam kandungan sampai manula terutama Fishioterapi RSUD Basel.

Ketua Panitia/Kasi Pelayanan RSUD Basel dr. Agus Pranawa menjelaskan bahwa inti besar dari kegiatan ini adalah untuk melakukan screening bagi para peserta dari SLB Kabupaten Bangka Selatan yang mempunyai masalah dari kemampuan komunikasinya.

"Bakti Sosial Terapi Wicara dari tim Fisioterapi RSUD Basel ini bertujuan untuk mengadakan screening bagi temen-temen atau adek-adek dari SLB Bangka Selatan ini, apabila dikemudian hari ditemukan ada kelainan dan masalah di kemampuan bicaranya dan kemampuan komunikasinya bisa lebih lanjut lagi kita terapi ataupun kita perbaiki kemampuan komunikasinya," ungkapnya saat ditemui redaksi yang juga didampingi Kepala SLB Negeri Toboali Kab. Basel Alpian, S.Pd, SD

Jumlah peserta dari kegiatan ini sebanyak 96 orang yang terdiri dari peserta dari RSUD 13 orang, wali murid 20 orang, murid SLB 20 orang, guru SLB 24 orang dan Fishioterapi 20 orang. Turut hadir Dokter Spesialis Anak dr. Cristian, SP. A, Ketua IFI Cabang Basel Efta Sumilda, SST. Ft, dan Terapis Wicara Pazolida A. Md. TW. (*ggr)

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Geger Agung Satria
Fotografer: 
Edi Saputra
Editor: 
Abubakar | Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo