Pengambilan Sumpah BPD Kecamatan Toboali dan Tukak Sadai, Bupati Sampaikan Hal Berikut

Toboali - Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer ST, M.M, M.Si mengambil Sumpah/Janji Jabatan Anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se - Kecamatan Toboali dan Tukak Sadai masa keanggotaan 2019-2025, serta pengukuhan PJ Kepala Desa (Kades) Bikang, di Kecamatan Toboali, Kamis (31/10/2019)

Bupati Bangka Selatan Drs. H. Justiar Noer ST, M.M, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa melihat dari fungsi yang dimiliki BPD yaitu membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa maka peran BPD menjadi sangat strategis seiring dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2024 tengan Desa.

"Setiap Anggota BPD tentunya agar senantiasa dapat meningkatkan kualitas, kompetensi dan inovasi sehingga bisa memahami regulasi yang berlaku dan menghindari hubungan yang kurang harmonis dengan pemerintah desa," ungkapnya.

Selanjutnya ia mengingatkan bahwa segala pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa yang tertuang didalam rancangan peraturan desa tentang anggaran pendapatan dan belanja desa harus di musyawarahkan terlebih dahulu dan mendapat persetujuan dari BPD.

"BPD jangan hanya menjadi formalitas dalam penyelenggaraan pemerintah desa, yang hanya bertugas memberikan legitimasi kepada pemerintah desa, tetapi badan permusyawaratan desa secara kelembagaan memiliki kekuatan "Check and Balances", artinya anggota badan permusyawaratan desa secara kelembagaan memiliki hak untuk menanyakan dan mengkomfirmasi terkait pembangunan yang akan direncanakan maupun pembangunan yang telah ditetapkan tetapi belum dilaksanakan," pungkasnya.

Diakhir acara, dilakukan pemberian piagam penghargaan kepada Pj. Kepala Desa Bikang Eka Suwari, SE yang telah berakhir masa tugasnya dan dilanjutkan dengan pemberian selamat oleh Bupati Bangka Selatan dan foto bersama kepada seluruh anggota BPD yang telah dilantik. (*ggr)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Geger Agung Satria
Fotografer: 
Edi Saputra
Editor: 
Edo Lebiro | Abubakar
Bidang Informasi: 
Kominfo