Mahasiswa KKN UBB Tanam 1000 Mangrove dan Gelar Festival Paserpute Agik Barik

Tukak Sadai - Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang sedang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pasir Putih - Sadai, memiliki Program kerja unggulan yakni Penanaman 1000 Mangrove dan Festival Paserpute Agik Barik, di Pantai Tanjung Kerasak, Jum'at (16/08/2019).

Program kerja unggulan Kuliah Kerja Nyata (KKN) universitas Bangka Belitung (UBB) di Desa Pasir Putih ini mengangkat tema Desa Wisata Bahari. Melalui penanaman mangrove dan festival seperti ini, potensi wisata yang ada terus akan di gali, dimana hal ini tentunya saling berkaitan untuk mengarah agar Desa Pasir Putih ini menjadi desa wisata.

Ketua KKN UBB Desa Pasir Putih - Sadai, Ade Novit mengatakan sebanyak 1000 batang mangrove sudah ditanam di tiga lokasi yang kondisi bakaunya memang sudah terlihat agak gundul di seputaran area Pantai Tanjung Kerasak Desa Pasir Putih.

Pihaknya berharap, melalui mangrove yang ditanam ini ke depannya bisa dikembangkan untuk jadi potensi wisata baru seperti kawasan agrowisata, jadi, imbuh dia, pengunjung selain ke wisata pantai Tanjung Kerasak, juga bisa berwisata dulu ke agro wisata mangrove.

Sedangkan Festival Paserpute Agik Barik, diharapkan bisa mendongkrak pariwisata di Bangka Selatan khususnya di desa Pasir Putih kawasan wisata pantai Tanjung Kerasak. "Memang di pasir putih ini sudah terlihat sekali potensi-potensi wisata yang terkenal terutama Pantai Tanjung Kerasak ini, kemudian ada Pantai Tanjung Kemirai, Pantai Tanjung Besar dan Batu Tinggi. Nah, dari potensi wisata ini walaupun kita sudah memiliki potensi wisata alam yang bagus, tentunya perlu disupport dengan dengan atraksi kebudayaan yang memang menjadi nilai jual sehingga intensitas pengunjung untuk berkunjung ke lokasi wisata ini meningkat dengan adanya festival ini," ungkap dia.

Dihadiri Rektor UBB Dr. Muhammad Yusuf, M. Si, dalam kegiatan ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan lainnya, diantaranya Running Festival, Lomba Masakan Tradisional, Tradisi Nganggung, Talkshow Masa Lampau, dan Pembuatan Kue Tradisional Khas Desa Pasir Putih. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Erwin Saputra
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo