Forkopimda Basel Gelar Sholat Istisqa, Upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

Toboali - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar Sholat Istisqa Berjamaah sebagai upaya pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Bangka Selatan pada Khususnya dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Lapangan Merdeka Toboali, Kamis (19/09/2019)

Sholat Istisqa merupakan sholat Sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Sholat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan atau hajat tertentu, adapun yang menjadi imam Sholat Istisqa ini adalah Ketua MUI Bangka Selatan Zahirin Sofyan.

Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si Melalui Pj. Sekertaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan Achmad Ansyori, S.H, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Islam mengajarkan pada umatnya dala. menyikapi ketentuan Allah SWT yang menimpa kita untuk berbaik sangka kepada Allah SWT, karena setiap cobaan yang diterima pada hakikatnya untuk menaikkan derajat ke tempat yang lebih tinggi jika sabar dalam menghadapi cobaan, kemudian instropeksi diri atau selalu mawas diri.

"Melalui momen Sholat Istisqa ini mari kita merenungi betapa banyak nikmat Allah SWT berikan kepada kita, karena itu sudah selayaknya kita menjadi hamba yang pandai bersyukur kepadanya dan kita bermunajat kepada Allah semoga segera diturunkan hujan untuk mengatasi kekeringan ini dan untuk meredam kabut asap yang melanda wilayah Indonesia," ungkapnya.

Sementara menurut Kepala Kantor Kemenag Kab. Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag, M.H menerangkan bahwa yang menyebabkan terjadinya kemarau, terjadinya terjadinya bencana itu bukan fenomena alam biasa tetapi Allah memberikan pesan kepada kita bahwa kita sedang diuji atau sedang diazab.

"Inilah tempat kita mengadu, inilah tempat kita mencurahkan dan menyerah atas segala dosa dosa kita kepada Allah SWT, semoga ketika dosa dosa dan kesalahan kesalahan kita diampuni maka Insya Allah kasih sayang Allah itu turun, Allah akan memberikan rahmad dan kasihnya dan Allah memberikan curahan hujan yang sedang kita harapkan ini," pungkasnya. (*ggr) 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Geger Agung Satria
Fotografer: 
Edi Saputra
Editor: 
Abubakar | Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo