DPD KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Gelar Festival Kepulauan Pongok

Kepulauan Pongok - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Festival Kepulauan Pongok yang puncak acaranya digelar pada Kamis (15/08/2019), di Dermaga Pongok Kabupaten Bangka Selatan.

Puncak Acara Festival Kepulauan Pongok ini diisi dengan berbagai lomba yang bernuansa kemaritiman yang telah mencapai babak final seperti lomba dayung ketok, lomba bekayau, lomba menghias perahu bagan, panjat pinang dan perlombaan lainnya. Selanjutnya acara ini dimeriahkan dengan penampilan Band Gamma 1 yang merupakan Band yang telah menghiasi permusikan indonesia asal Bangka Belitung.

Ketua DPD KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhamad Irham menyampaikan kegiatan ini memadukan antara kegiatan mempromosikan promosi daerah sekaligus bertepatan dengan hari kemerdekaan indonesia yang ke 74, kemudian ia menjelaskan salah satu lomba yang merupakan inisiasi DPD KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu menghias perahu bagan sebagai even yang menarik.

"Kita yakin ini akan menjadi destinasi wisata yang bagus atau even pariwisata yang bagus, untuk itu kami harapkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata supaya lomba menghias perahu bagan ini menjadi agenda tetap provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ungkapnya.

Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer S.T, M.M, M.Si melalui Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Budi Setyo sangat mengapresiasi DPD KNPI Babel atas terselenggaranya Festival Kepulauan Pongok ini.

"Mewakili Bupati dan atas nama Pemerintahan Bangka Selatan saya ingin menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada DPD KNPI Provinsi Kepulauan Babel yang sudah menginisiasi sekaligus mengeksekusi acara ini sehingga bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Kemudian, Gubernur Bangka Belitung yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. Rifai dalam sambutanya menyampaikan pesan Gubernur Bangka Belitung yaitu kegiatan ini dijadikan agenda tahunan.

"Kalau perintah Pak Gubernur sudah menjadi agenda tahunan, saya sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus menyiapkan segala sesuatunya untuk kebutuhan dan kepentingan penyelenggaraan even ini," terangnya.

Selanjutnya Drs.Rifai menjelaskan dampak even ini lebih kepada kebermanfaatannya bagi masyarakat. "Masyarakat itu jangan tidur, tetapi lebih baik memanfaatkan even even yang seperti ini sehingga mempunyai dampak secara ekonomi," Pungkasnya.

Puncak Acara Festival Pongok ini dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba dan dihibur lagi dengan penampilan Band Gamma1 pada malam harinya. (*ggr)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Geger Agung Satria
Fotografer: 
Geger Agung Satria | Edi Saputra
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo