Perayaan Hari Jadi ke-16 Diawali Di Kecamatan Airgegas

#Ngarak Telok Serujo, Tradisi Yang Terus Bertahan

Airgegas - Perayaan peringatan Hari Jadi Ke - 16 Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2019 pertama kali diselenggarakan di Desa Airgegas Kecamatan Airgegas, dengan kegiatan Festival Ngarak Telok Serujo pada Rabu (06/02/2019) pagi. Kegiatan arak-arakan telok herujo ini diikuti kurang lebih 56 peserta mulai dari SD, SMP, SMA dan Umum.

Camat Airgegas Yon Salakari, SIP dalam sambutannya mengatakan kecamatan Airgegas telah memiliki banyak prestasi, diantaranya meraih juara pertama Gala Desa, kemudian meraih juara 1 dan 2 pada saat lomba futsal Kapolres Cup. Hal tersebut, imbuh dia, berkat hasil binaan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan.

Lebih jauh ia mengajak para tamu yang hadir, terutama kepada peserta AIESEC yang juga turut hadir yang terdiri dari 10 orang peserta dari beberapa negara untuk menikmati Festival Telok Serujo sekaligus kedepannya mengajak sanak keluarga.

Para peserta AIESEC yang berasal dari Malaysia, Vietnam, Italy, Polandia, Spanyol, Belanda, Mesir, Jerman, China dan Estonia, skan melakukan Project Tourism Development, Tourism Promotion, Digital Marketing juga Product Packaging di Kab. Basel.

"Beri informasi dan ajak sanak keluarga untuk berkunjung ke Indonesia, ke Bangka Belitung, khususnya Kecamatan Airgegas kab. Basel untuk menikmati arak-arakan telok serujo seperti ini," ucap dia kepada para peserta AIESEC sekaligus juga berpesan kepada tamu yang hadir untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Bangka Selatan khususnya kecamatan Airgegas.

Sementara, Bupati Bangka Selatan Drs. H. Justiar Noer , S.T, M.M, M.Si mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah membantu kelancaran dan kesuksesan acara ini. Ia mengatakan, bahwa tak terasa 16 tahun berdirinya Kabupaten Bangka Selatan telah dinikmati sejak Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menyetujui pembentukan kabupaten ini ada tanggal 27 Januari 2003. Ungkap Justiar, semenjak dirinya dan Wakil Bupati Riza Herdavid, ST dilantik pada tanggal 17 Februari 2016 untuk masa bhakti 2016-2021, Kabupaten Basel telah beranjak ke peringkat 151 dari sebelumnya peringkat ke 163 (tahun 2016), dan dimana sebelumnya peringkat 316 dari 568 kabupaten/kota se - Indonesia dengan kategori berada di zona merah.

"Kita sudah 16 tahun jadi kabupaten, walaupun masih terbilang muda, kita sudah memiliki beragam prestasi di berbagai bidang," ucap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Justiar Noer menyampaikan, bahwa Pemkab Basel telah mendapatkan banyak penghargaan di berbagai bidang baik pada tingkat nasional maupun tingkat provinsi, diantaranya penganugerahan Adipura selama 2 tahun berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang diserahkan langsung oleh Wakil presiden Republik Indonesia, penghagaan atas hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2018 oleh Ombudsman Republik Indonesia, penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan atas peran aktif dan kepedulian terhadap perlindungan pegawai pemerintah bukan Aparatur Sipil Negara dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, penghargaan tingkat nasional atas Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Award 2018 dengan kategori Pembina Umum Terbaik Karang Taruna Kabupaten dengan meraih predikat "Baik" serta penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia berhasil meraih predikat nilai "B" atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018. 

Usai sambutan, didampingi Forkopimda, Bupati Basel Justiar Noer melakukan penyerahan sertifikat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr. Muhajir Effendy, M.A.P kepada Camat Airgegas atas kebudayaan Telok Serujo sebagai warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Kemudian dilakukan pemotongan nasi pulut yang diserahkan Bupati kepada Camat Airgegas.

Acara dilanjutkan dengan arak-arakan hingga menuju lapangan halaman Kantor Kecamatan Airgegas, tampak Bupati Bangka Selatan Drs. H. Justiar Noer , S.T, M.M, M.Si beserta rombongan Forkopimda Kab. Basel bersama tokoh masyarakat secara simbolis melakukan pelepasan para peserta arak-arakan Festival Telok Serujo. (*edokfo)

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Arwin | Edi Saputra
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo