Wow, Basel Borong Penghargaan Pasar Tertib Ukur Dari Kemendag RI

Bandung - Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI memberikan pengharagaan Pasar Tertib Ukur kepada 190 Kabupaten/Kota di Indonesia di eL Royale Hotel Bandung Kamis (6/12/2018).

Dari 190 Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) merupakan salah satu Kabupaten yang menerima penghargaan tersebut dan mendapatkan penghargaan terbanyak yakni dengan menyabet 3 (tiga) Penghargaan, sedangkan Kabupaten/kota lainnya hanya menerima (1) satu penghargaan.

Adapun Penghargaan Pasar tertib ukur yang diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita kepada Bupati Bangka Selatan Justiar Noer antara lain Pasar Delas, Pasar Desa Air Bara dan Pasar Rakyat Toboali.

Selain itu, Justiar juga menerima plakat Bantjana Patakaran Pralaja Kapradanan yang merupakan Plakat penghargaan bagi Kabupaten tertib ukur dari Kementerian Perdagangan RI.

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita dalam sambutannya mengatakan Pemberian Penghargaan tersebut didasarkan pada hasil evaluasi.

"Pemberian Penghargaan ini sebelumnya sudah melalui proses evaluasi pelaksanaan pengawasan dan pembinaan terpadu penggunaan UTTP tahun 2018 di masing-masing pasar rakyat di seluruh Indonesia," katta Enggartiasto.

Ia berharap dengan adanya penghargaan tersebut, Pemerintah daerah dapat melalukan penertiban alat ukur berupa timbangan terutama di pasar-pasar rakyat agar tidak merugikan masyarakat

Bupati Basel Justiar Noer  mengatakan, penertiban alat ukur merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan oleh Pemkab Basel melalui Dinas terkait agar masyarakat yang berbelanja tidak dirugikan secara timbangan.

"Penertiban semua Kemetrologian akan kita lakukan, tidak hanya metrologi di pasar rakyat saja melainkan metrologi yang lainnya agar masyarakat yang membeli tidak dirugikan karena berkurangnya timbangan. Apalagi mengurangi timbangan menurut agama kita kan dosa," kata Justiar, Kamis (6/12/18) di eL Royale Hotel Bandung.

Menurutnya, kedepan Pemkab Basel akan memasang tulisan pasar tertib ukur di pasar-pasar rakyat agar para pedagang dapat menyiapkan alat ukur yang sudah di tera oleh pihak terkait sehingga tidak merugikan pembeli.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Perdagangan (DPMPTSPPerindag) Bangka Selatan Muhamad berharap dengan adanya penghargaan pasar tertib ukur tersebut diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang dirugikan.

"Alhamdulillah tiga pasar rakyat kita mendapatkan pemghargaan pasar tertib ukur. Upaya ini semata-semata agar masyarakat yang membeli tidak dirugikan dengan berkurangnya timbangan dan para pedagang diharapkan juga tertib alat ukur terutama timbangan. dengan diterimanya penghargaan ini diharapkan agar para pedagang di pasar-pasar lainnya di Kab. Basel dan juga usaha lainnya yang menggunakan alat ukur dapat tertib ukur. kita akan terus melakukan penertiban dengan melakukan tera ulang alat ukur yang digunakan oleh pedagang kita," pungkas dia. (TIM PPID)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Tim PPID
Fotografer: 
TIM PPID
Editor: 
Neneng Nurlela | Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo