Tingkatkan Kegemaran Membaca Siswa Sejak Dini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Basel Gelar Lomba Bercerita

Toboali - Bertempat di Hotel Grand Marina Toboali, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menyelenggarakan kegiatan lomba bercerita tingkat SD/MI Kabupaten Bangka Selatan (Basel) tahun 2019, Senin (15/04/2019) pagi.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Narwanto, S.IP ini diikuti sebanyak 19 peserta yang berasal dari siswa-siswi dari seluruh SD/MI beberapa kecamatan se - Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dengan didampingi guru dan kepala sekolah masing-masing.

Adalah Dea Aprilia dari SDN 5 Toboali, salah satu peserta yang pertama kali unjuk gigi dengan menyajikan cerita yang berjudul Legenda Pulau Pinang dan Raden Buaya. Adapun juri berasal dari Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Runi Alcitra Amalia, Cahya Tri Wulan, S.IP, dan Ema Riskika, A.Md.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk membudayakan anak-anak kita agar gemar membaca, agar pengetahuannya semakin meningkat, dan hal ini dikarenakan kegemaran membaca merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran," terang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Narwanto, S.IP saat ditemui tim redaksi di sela-sela acara.

Oleh karena itu, imbuh dia, pihaknya memberikan motivasi kepada siswa-siswi tersebut agar dapat mengembangkan minat dan kegemarannya serta dapat membudayakan literasi sejak usia dini. "Dengan gemar membaca atau membudayakan literasi diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan sejak dini. Ini salah satu upaya Pemerintah (Pemkab Basel) dengan mengadakan kegiatan lomba bercerita seperti ini setiap tahun," paar dia.

Dikatakan Narwanto kegiatan ini nantinya akan diikuti secara berjenjang ke tingkat provinsi dan nasional. "Nantinya pemenang pada tingkat kabupaten akan diikutsertakan ditingkat provinsi, begitupun juga apabila memenangkan lomba di tingkar provinsi nanti akan kembali dilombakan ditingkat nasional," ungkap dia. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra | Geger Agung Satria | Erwin Saputra
Editor: 
Rustam
Bidang Informasi: 
Kominfo