Simulasi Pengamanan Kota, Kapolres : Wujud Kesiapan Polres Basel Dalam Mengemban Amanah Konstitusi

Toboali - Jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2019 mendatang, sebanyak 240 personil Polisi Resort (Polres) Bangka Selatan (Basel) melakukan Simulasi Sistem Pengamanan Kota dalam rangka Operasi Mantap Brata 2018, di depan Taman Tematik Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel, (27/9/2018) pagi. Kegiatan iniĀ untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan aparat kepolisian dalam hal ini khususnya Polres Basel untuk menjaga serta mengamankan jalannya Pilpres 2019.

Simulasi tersebut, dalam skenarionya seolah-olah ada kerusuhan oleh kelompok yang tidak terima atas hasil penghitungan suara. Tampak beberapa personil menembakkan gas air mata guna berusaha membubarkan pengacau yang ingin berbuat anarkis.

Kapolres Basel, AKBP Aris Sulistyono, S.H.,M.H mengucapkan terimakasih terhadap seluruh personil Polres Basel yang telah melaksanakan latihan secara sungguh-sungguh. Ia juga mengatakan, ini merupakan wujud kesiapan Polres Basel dalam mengemban amanah konstitusi untuk mengawal penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019 serta penyelenggaraan rangkaian kegiatan pesta demokrasi yang mungkin ini pertama kali diselenggarakan dengan sistem yang berbeda di tahun 2019. Oleh sebab itu, menurutnya dengan kekuatan prasarana dan sarana yang ada Polres Basel, pihaknya berupaya seoptimal mungkin menyiapkan dari segi teknis dan taktis dalam rangka mengawal dan mengamankan penyelenggaraan piplres 2019 khususnya di Kabupaten Basel.

"Besar dan doa kita semua, pada saat penyelenggaraannya nanti Pileg dan Pilres yang akan diselengarakan secara serentak pada 17 April 2019 berjalan damai dan menyejukkan, " ujarnya sekaligus berharap kepada semua pihak untuk iktu berpartisipasi mengamankan dan mengawal penyelenggaraan pemilu ini sehingga pada akhirnya kabupaten Basel benar-benar dapat menjadi contoh buat kabupaten-kabupaten lainnya tidak hanya di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, namun kabupaten di seluruh Indonesia.

Ia menjelaskan, aparat kepolisian bersama unsur TNI akan mengawal penyelenggaraan ini dengan profesional serta ia juga mengajak seluruh stakeholder diharapkan dapat benar-benar bersinergi dengan baik. Menutup pesan, Polres beserta seluruh jajaran mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Basel beserta Forkopimda Basel yang telah hadir untuk terus memberikan dukungan dan kerjasama, sehingga nantinya seluruh tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan profesional. (*erokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Rustam
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo