Salurkan 7,5 Ton Bibit Bawang Merah, Pemkab Basel Harap Kurangi Inflasi

Toboali - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan sebanyak 7,5 ton benih bawang merah kepada beberapa Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di daerah itu.

"Tahun 2018 ini dari sektor tanaman pangan holtikultura melaksanakan beberapa kegiatan salah satunya penyaluran bantuan bibit bawang merah yang bersumber dari dana APBN dan APBD," kata Kepala Bidang Pangan, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Patoni di Toboali, Rabu (05/12/2018).

Ia mengatakan dari alokasi APBN Bangka Selatan menyalurkan bantuan bibit bawang sebanyak 6 ton yang telah disalurkan kepada tiga gapoktan yang ada didaerah itu. 

"Enam ton alokasi bibit bawang dari APBN sudah kami salurkan kepada Gapoktan Tikung Sejahtera Desa Rias,  Gapoktan Jati Wangi Desa Serdang dan Gapoktan Desa Sumber Jadi," katanya. 

Sedangkan bantuan benih bawang merah yang bersumber dari dana APBD sebanyak 1500 kilogram yang didistribusikan kepada dua Gapoktan. 

"1500 Kilogram bantuan benih bawang merah yang bersumber dari dana APBD kami salurkan kepada Gapoktan Gadung Berseri sebanyak 600 kilogram dan sisanya didistribusikan kepada Gapoktan Fajar Tani Desa Fajar Indah Kecamatan Pulau Besar," ucap dia. 

Menurut dia, Kegiatan ini dilaksanakan selain untuk meningkatkan kesejahteraan petani, hal tersebut juga dilakukan untuk menekan inflasi yang terjadi didaeah itu. 

"Tanaman bumbu bumbuan di Bangka Selatan adalah merupakan salah satu penyebab inflasi, untuk itu dengan banyaknya gapoktan yang mulai menanam bawang merah dapat mengurangi laju inflasi di kemudian hari," pungkasnya. (Tim PPID)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Tim PPID
Fotografer: 
TIM PPID
Editor: 
Edo Lebiro | Neneng Nurlela
Bidang Informasi: 
Kominfo