Penyerahan SK Kepala Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, Bupati Berpesan Agar Bekerja Dengan Sebaik-Baiknya

Toboali - Proses pengangkatan kepala sekolah kali ini diwarnai dengan adanya interprestasi pemberlakuan peraturan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang sertifikasi jabatan kepala sekolah. Hal tersebut, menjadi pembelajaran bersama, bahwasanya ASN sebagai perekat bangsa dan pelaksana kebijakan harus berpedoman pada ketentuan yang berlaku sesuai dengan hierarki peraturan perundang - undangan, sehingga dampak yang merugikan pegawai dapat dihindari. 

Demikian seperti yang diungkapkan Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kepada 49 orang pegawai di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan (Basel), di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Basel, Senin (04/03/2019) siang.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017, beban kerja kepala satuan pendidikan sepenuhnya untuk melaksanakan pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Kepala sekolah tidak dibebani tugas pembelajaran, walaupun dalam keadaan tertentu dapat melaksanakan tugas pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan guru pada sekolah. Hal tersebut dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. 

Dalam kesempatan tersebut, ia mengucapkan selamat kepada yang baru dilantik sebagai kepala sekolah, dan kepada kepala sekolah yang telah melaksanakan masa tugasnya dan kembali menjadi guru. Dirinya juga mengucapkan selamat melanjutkan pengabdian sebagai pendidik untuk membangun mutu pendidikan dan karakter siswa, karena dimanapun bekerja harus memberi manfaat bagi organisasi. 

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua capaian, dedikasi dan loyalitasnya selama melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah. Sedangkan kepala sekolah yang masih bertugas dan yang akan diangkat menjadi kepala sekolah agar bekerja dengan sebaik baiknya untuk meningkatkan kualitas pendidikan," ucap dia sembari mengatakan setiap kinerja akan dievaluasi setiap tahunnya sebagai patokan untuk memperpanjang masa tugas ataukah tidak.

"Profesi guru adalah profesi yang sangat mulia, karena menyampaikan ilmu kepada siswa, ilmu yang bermanfaat adalah amal yang tak akan pernah putus oleh kematian, terima kasih atas dedikasi dan pengabdian selama ini," imbuh dia sembari menutup pidato. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Geger Agung Satria | Edo Lebiro
Fotografer: 
Edo Lebiro | Geger Agung Satria
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo