Pemkab Basel Tegaskan Selalu Dukung Gerakan Pengelolaan Sampah

Toboali - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya aksi gotong royong yang dilakukan serentak di seluruh wilayah Kab. Basel, pada titik pantau yang telah ditentukan, diantaranya di desa, kecamatan, perkantoran maupun lokasi sekolah, pada Jumat (22/02/2019) pagi.

Mengusung tema "Kelola Sampah, Untuk Hidup Sehat, Bersih dan Bernilai", kegiatan lainnya juga dilaksanakan di Gedung Nasional Toboali, diantaranya ada Bazar Sembako Murah, Lomba Melukis, dan Lomba Kreasi Ecobrick.

Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Effendi Ali dalam sambutannya mengatakan bahwa pada tahun 2008 telah terbit Undang - Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan aturan pelaksanaannya yang terangkum pada Peraturan Pemerintah Nomor 81 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Namun, dikatakan dia, hingga saat ini pengelolaan sampah masih dirasakan bermasalah dan belum optimal serta belum sesuai dengan metode dan teknik pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan. Menurutnya, pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu hingga ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi dan sehat bagi masyarakat serta aman bagi lingkungan. 

Ditegaskannya kembali, sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi dari hulu ke hilir, telah dikeluarkan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi (Jakstranas) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Dalam Jakstranas tersebut, pemerintah telah mencanangkan target pengurangan sampah sebesar 30 % dan penanganan sebesar 70 % di tahun 2025. Pemkab Basel juga telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Bangka Selatan Nomor 51 Tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Kabupaten Bangka Selatan dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Menindaklanjuti surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: SE.2/MENLHK/PSLB3/PLB.0/2/2019 tentang "Hari Peduli Sampah Nasional" tanggal 4 Februari 2019, Pemkab Basel dengan nyata mendukung gerakan pengelolaan sampah. "Pemkab Basel mendukung gerakan pengelolaan sampah, pertama kali melaksanakan peringatan HPSN pada tahun 2016 silam dan rutin dilaksanakan setiap tahun hingga tahun 2019 ini," ungkap dia.

Dirinya mengimbau kepada seluruh elemen masyrakat, untuk melakukan aksi nyata bersama, bergerak dari tingkat RT/RW, masyarakat sipil, komunitas, media, perusahaan swasta, pemerintah daerah khususnya di Kab. Basel ini untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. "Semoga kegiatan gotong royong serentak dalam rangka memperingati HPSN di Kab. Basel tahun 2019 dapat terlaksana dengan baik dan kota Toboali dapat mempertahankan Piala Adipura tahun 2019 ini. 

Adapun para pemenang lomba dalam kegiatan tersebut, berikut daftarnya :
Kategori Lomba Mewarnai 
Juara 1 Michel dari TK Dharma Wanita
Juara 2 Zhizi dari TK Dharma Wanita
Juara 3 Fadilla Putri Zhafira dari TK Kuncup Stania

Kategori Lomba Mewarnai Kelas 1-3 SD
Juara 1 Filia Villela dari SD Katolik Karya Toboali
Juara 2 Hafiz Al-Quraesi dari SDN 10 Toboali
Juara 3 Irsyad dari SDN 1 Toboali

Kategori Lomba Mewarnai Kelas 4-6 SD
Juara 1 Masyah Wafika Husna dari SDN 7 Toboali
Juara 2 Vesya Aurora dari SDN 12 Toboali
Juara 3 Cinta Laura dari SDN 8 Toboali

Kategori Lomba Kreasi Ecobrock
Juara 1 MA Al Hidayah Toboali
Juara 2 SMPN 3 Toboali
Juara 3 SMAN 1 Pulau Besar

 (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra | Humpro Basel
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo