Pemkab Basel Miliki Aplikasi Ini

Toboali - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melaunching aplikasi perencanaan, penganggaran dan pelaporan pembangunan daerah terintegrasi (SiPESSAT, e-RRKA, e-DATABASE, e-MONEV dan e-SAKIP), Rabu (4/7/2018).

Acara yang berlangsung di Balai Daerah ini dibuka secara langsung oleh Bupati Basel Justiar Noer didampingi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah Basel Juaidi dan Tim IT Aplikasi dari Universitas Dharma Persada Andi Erwing dengan disaksikan oleh unsur Forkopimda Basel serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Basel.

Dalam sambutannya Bupati Basel Justiar Noer mengemukakan bahwa dlam rangka pelaksanaan misi ketiga Kabupaten Bangka Selatan yaitu Meningkatkan Pelayanan publik dan Penyelenggaraan Tata Pemerintahan Daerah Yang Baik (Good Local Governance)" maka perlu dikembangkan sistem informasi tata kelola pemerintahan berbasis elektronik dan pengintegrasiannya pada setiap lini sektor pemerintahan.

"Pengembangan sistem informast ini secara prosedural dimulai dari btahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan pengendalian hingga tahap monitoring dan evaluasi program dan kegiatan pembangunan serta pengintegrastannya. hal ini merupakan salah satu dari tiga puluh enam agenda," ucap dia.

Selain itu, ia berharap dengan adanaya aplikasi ini bisa memberi manfaat yang besar untuk peningkatan kinerja dan tata kelola birokrasi pemerintah kabupaten Basel yang makin cepat, modern, efektif, bersih, transparan serta memenuhi aturan perundang- undangan.

"Penyelenggaraan pemerintahan akan terlaksana dengan baik, aparatur pemerintah dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal, kinerja aparatur meningkat sesuai tugas dan fungsinya dan tetap membangun kerjasama dalam memberikan pelayanan," harapnya.

Lebih jauh ia sangat menyambut baik pengembangan dan pengintegrasian sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan pembangunan daerah terintegrasi berbasis aplikasi ini, sehingga dapat lebih mudah diakses oleh berbagai pihak yang berkepentingan, pengintegrasian dan pengembangan sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan terintegrasi ini diharapkan dapat menjawab berbagat tantangan pembangunan seiring dengan kemajuan zaman yang sangat cepat. (*erokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Humpro Basel
Editor: 
Edo Lebiro | Rustam
Bidang Informasi: 
Kominfo