Pemkab Basel Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90

Toboali - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 90 tahun, di halaman Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Basel, Gunung Namak, (29/10/2018) pagi.

Dengan mengusung tema "Bangun Pemuda Satukan Indonesia", ini dipimpin oleh Wakil Bupati Basel, Riza Herdavid sebagai Inspektur Upacara. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab berdaya saing, serta memiliki jiwa kewirausahaan kepemimpinan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang- Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wakil Bupati Basel, Riza Herdavid saat membacakan sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi mengatakan komitmen kebangsaan para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia harus diteladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia.

Lebih jauh ia mengatakan, Revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. "Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi mental harus dapa kita jadikan sebagi pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat," imbuh dia sembari mengucapkan pengorbanan para selamat Hari Sumpah Pemuda ke 90.

Selain itu, ia mengatakan Pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di Kancah Asia. Perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa Asia, dan berhasil menduduki peringkat ke-4, serta di ajang Asian Para Games, atlet kita berhasil menduduki peringkat ke-5. "Ini adalah sejarah baru kebangkitan olaharaga Indonesia. Serta harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi diberbagai bidangnya," kata dia. 

Sementara, Tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI DPRD Tk.I dan DPRD Tk.II. "Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam PEMILU 2019 perlu ditingkatkanuntuk mewujudkan pemilu yang damai kredibel dan berkualitas," harapnya didepan tamu undangan yang dihadiri unsur Forkompimda, Kepala OPD, KNPI dan tamu undangan lainnya dan peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, PNS dan PGRI, serta pelajar. (*erokfo) 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo