Pemkab Basel Gelar Bimtek Peningkatan Pemahaman Seni Baca Al Quran

Toboali - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) menyelenggarakan Kegiatan Bimtek Peningkatan Pemahaman Seni Baca Alquran Tahun 2018 selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 18 s.d 20 September 2018, di Hotel Grand Marina Toboali, Selasa (18/9/2018) pagi. 

Kegiatan dengan narasumber K.H. Hijazi Djemain dan Ust. Dadang Abdul Muin, S.Pd.I ini, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Basel. Adapun tujuannya adalah untuk menambah ilmu dan pengetahuan sekaligus pengembangan wawasan dalam penguasaan metode membaca dan menghafal Al Quran.
Selain itu, guna membina dan membimbing guru-guru ngaji di desa-desa atau kelurahan agar paham tentang Tajwid, Pashahah, Irama lagu dan suara (Tilawah) dengan baik dan benar sehingga bisa diterapkan kepada santri-santri di daerahnya masing-masing.

Para peserta terdiri guru-guru ngaji dari 8 kecamatan se-Basel, yang merupakan pahlawan sebuah profesi yang luhur dan paling berjasa dalam melestarikan ayat-ayat Allah SWT. Adapun dari Kecamatan Toboali sebanyak 14 orang, sementara Air Gegas 10 orang, Payung 7 orang, Pulau Besar 5 orang, Lepar Pongok 2 orang, Kep. Pongok 4 orang dan kecamatan Tukak Sadai 4 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Basel, Justiar Noer melalui Wakil Bupati Riza Herdavid atas nama Pemkab Basel menyampaikan ucapan terimakasih kepada LPTQ Kabupaten Basel dan LPTQ Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah bersinergi dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Riza juga mengucapkan setinggi-tingginya dan terimakasih kepada guru ngaji yang telah ikhlas membagikan ilmu pengetahuan kepada generasi Islam sejak usia dini. "Beruntunglah siapa saja yang mau dengan ikhlas menjadi guru ngaji. Insya Allah bapak atau ibu akan menjadi sebaik-baik orang seperti kata Nabi Muhammad SAW, "Sebaik-baik kamu adalah orang yang mau belajar Al Quran dan mengajarkannya"," ucap Riza sembari mengatakan apa yang diucapkan Nabi Muhammad SAW.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan inayah-Nya, sehingga kita dapar mewujudkan guru-guru ngaji yang memiliki kompetensi yang berkualitas di Kabupaten Basel," ucapnya dengan dilanjutkan meresmikan acara pembukaan Bimtek Peningkatan Seni Baca Al Quran Tahun 2018 sembari berharap kepada seluruh peserta dapar menyerap ilmu sebanyak mungkin dari narasumber.  (*erokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Humpro Basel
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo