Pemerintah Dituntut Menyediakan Informasi Secara Cepat

Bangka – Pemerintah dituntun menyediakan informasi secara cepat, tepat dan biaya ringan. Saat ini, pelayanan penyedian informasi secara cepat menjadi perhatian serius pemerintah. Sebanyak 50 subdomain terdapat di portal berita Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, babelprov.go.id. Namun keterbatasan SDM membuat tidak semua subdomain tersebut dapat dikelola dengan baik.

Sahring Kabid Aptel Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, peningkatan teknologi informasi dan komunikasi membawa tantangan tersendiri bagi aparatur pemerintah di bidang pengelola TIK. Teknologi terus berkembang dan kebutuhan masyarakat terhadap keterbukaan informasi menuntut aparatur pemerintah dapat menyediakan Informasi secara cepat.

Tak hanya itu, jelasnya, informasi yang disediakan juga harus tepat waktu, biaya ringan dan dapat diperoleh dengan cara sederhana. Namun jalur informasi diharapkan bukan dari pemerintah saja, sebab mekanisme komunikasi serta ketersediaan fasilitas dialog publik dapat melibatkan masyarakat ikut melakukan perumusan kebijakan dan regulasi pemerintahan.

"Saya berharap kegiatan ini dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efesien,” kata Sahring saat membuka Pelatihan SDM Aparatur Pemerintah Bidang Pengelolaan TIK, di Hotel Tanjung Pesona, Kabupaten Bangka, Senin (23/5/2016).

Selama tiga hari dimulai Selasa (23/5), peserta akan dibekali materi mengenai pengelolaan, penggunaan dan pengembangan website SKPD di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Erman Arif Kasi Telematika dan Konten Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, pengembangan website " babelprov.go.id" di lingkungan pemerintah provinsi sudah sejak tahun 2008.

Konten website tersebut sudah mewakili kebutuhan SKPD. Ia menambahkan, sudah terdapat sekitar 50 sub domain untuk mengakomodir SKPD dan kegiatan besar seperti porwil. Kendala pengembangan penyediaan pelayanan informasi dikarenakan ketersediaan SDM. Akibatnya belum semua domain aktif, dan membuat masih banyak masyarakat kekurangan akses informasi.

Tolak ukur keberhasilan pelayanan keterbukaan informasi publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kata Erman, admin SKPD aktif meng-update berita maupun informasi mengenai kegiatan di SKPD masing-masing. Sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi dari mana saja dan tanpa harus datang secara fisik ke kantor pemerintah.

“Informasi dapat diakses 24 jam. Perubahan teknologi menuntut aplikasi sekarang lebih baik dari aplikasi sebelumnya. Lakukan perubahan, sehingga penggunaan dapat terbantu dalam meningkatkan kinerja. Tahun 2017, pemerintah provinsi menyediakan "website enterprise" sehingga setiap SKPD mempunyai website sendiri,” harapnya.

Sumber: 
Diskominfo Prov. Kep. Babel
Penulis: 
Huzari
Bidang Informasi: 
Kominfo