Panwascam Toboali Gelar Rakernis Pemungutan dan Penghitungan Suara

Toboali - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Toboali mengadakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemungutan dan Penghitungan Suara untuk seluruh petugas Panwaslu Kelurahan/Desa dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se - Kecamatan Toboali yang akan berlangsung selama 1 (satu) hari, di Gedung Nasional Toboali, Rabu (10/04/2019) pagi.

Ketua Panwascam Toboali Duddy Krishan mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk pemantapan kepada seluruh peserta agar mereka benar-benar tahu dan mahir pada saat melaksanakan tugas nantinya.

Dikatakan dia, kegiatan ini nantinya seluruh peserta akan diberikan informasi seputar aplikasi yang akan digunakan pada hari H, dan teknis-teknis laporan pada saat rekapitulasi suara dilaksanakan.

Pada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya, imbuh dia, akan banyak sekali terjadi intrik, banyak sekali konflik yang bakalan ada di TPS tersebut. Ia mencontohkan, semisal ada pemilih yang tidak membawa identitas, ada pemilih yang berasal dari luar daerah Bangka Selatan, dan beberapa hal lainnya. Oleh karena itu, melalui kegiatan pada hari ini, pihaknya melakukan pemantapan akhir. "Ini merupakan pemantapan akhir yang dilakukan Panwaslu Kecamatan yang merupakan program yang disusun oleh Bawaslu RI," ungkap dia.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemantapan-pemantapan yang dilakukan disetiap desa di seluruh kecamatan Toboali. "Pihak kami (Panwascam) menemui seluruh pengawas TPS, dan memberikan pemahaman teknis. Jadi hari ini merupakan pemantapan akhir sebelum mereka bertugas mengawal distribusi C6, mengawal penetapan lokasi TPS, dan mengawal pemungutan dan penghitungan suara pada 17 April mendatang," pungkas dia didepan para peserta dan Ketua Bawaslu Basel Sahirin. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Geger Agung Satria | Edi Rosiandi
Editor: 
Rustam
Bidang Informasi: 
Kominfo