Melestarikan Seni Tari Daerah Melalui Festival Junjung Besaoh

Toboali - Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Basel menggelar Festival Junjung Besaoh di gedung nasional, penyelenggaraan festival tahunan ini guna mewujudkan kreativitas dan melestarikan seni tari daerah.
 
Staf ahli Zawawi mewakili Bupati , menuturkan, penyelenggaraan Festival Junjung Besaoh merupakan wahana apresiasi para seniman, budayawan dan pelaku seni dalam berbagai kegiatan lomba, baik yang bersifat tradisional maupun yang dikemas dalam tampilan kreasi atau kontemporer.

Seni budaya merupakan alat pemersatu yang hebat untuk merangkul seluruh masyarakat. "Untuk itulah sudah saatnya mengembangkan dan menggali potensi lain yang tak usang dimakan waktu selain bergantung dengan mengandalkan kekayaan alam," imbuhnya.

Pagelaran seni ini menjadi salah satu cara menumbuhkan kecintaan dan motivasi dalam diri masyarakat dan generasi muda pada kesenian dan budaya daerah. Sekaligus memberikan kontribusi kepariwisataan bagi suksesnya promosi wisata daerah Kabupaten Basel.

Hal senada diungkapkan Husni selaku Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Basel, dalam penyelenggaraan festival ini bisa meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kekayaan budaya daerah Kabupaten Basel.

Ia juga mengharapkan, agar para pemenang tidak hanya berhenti di tingkat provinsi saja, namun dapat mencapai tingkat nasional.

Sumber: 
Dihubkominfo Basel
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Erwin Saputra
Editor: 
Edo Lebiro, S.I.Kom
Bidang Informasi: 
Kominfo