Lagi, Bangka Selatan Raih Piala Adipura

# Bupati Bangka Selatan Drs. H. Justiar Noer, ST, MM, M.Si menerima langsung penghargaan dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla

Toboali - Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan berhasil menyabet Piala Adipura tahun 2018. Untuk ketiga kalinya, dimana sebelumnya pada tahun 2016 Kab. Basel telah menerima sertifikat Adipura, sementara pada tahun 2017 atau satu tahun berikutnya sudah berhasil menerima penghargaan Piala Adipura yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI kepada Kab. Basel. 

Bupati Bangka Selatan Drs. H. Justiar Noer, ST, MM, M.Si menerima langsung penghargaan tersebut dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jl Gatot Subroto Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019) pukul 10.00 WIB. 

Turut hadir Plh. Sekda Basel Agus Pratomo, SE, MM Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukiman Dan Lingkungan Hidup (DPKLH) Gatot Wibowo, S.Hut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Achmad Ansyori, SH, M.Si, serta Kolaborator Adipura sekaligus Ketua TP PKK Kab. Basel Ekawati Justiar.

"Mudah-mudahan masyarakat kedepannya lebih peduli. Kalau tidak ada kepedulian semua pihak, penghargaan pemerintah pusat seperti ini tidaklah berarti," ucap Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer, ST, MM, M.Si saat ditemui tim redaksi usai acara.

Ia juga menyampaikan, pihaknya (Pemkab) akan mengusahakan untuk mencari inovasi yang lebih baik lagi kedepannya. "Kebersihan itu milik dunia, jadi apabila daerah kita bersih maka daerah kita akan bagus juga di mata dunia bukan hanya nasional ataupun lokal," ucap dia sembari berharap kedepannya akan tetap berlanjut, dan berinovasi.
 
"Kita patut berbangga, karena lingkungan daerah kita sudah baik. Kalau kita bisa mengusahakan 4 kali meraih penghargaan seperti ini, akan dapat Adipura Kencana," pungkasnya.

Seperti yang dilansir beberapa media beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukiman Dan Lingkungan Hidup (DPKLH) Kab. Bangka Selatan Gatot Wibowo, S.Hut mengatakan penilaian Adipura tahun 2018 lebih ketat dari tahun-tahun sebumnya, dimana Pemerintah Daerah salah satunya harus memiliki Peraturan Kepala Daerah (Perbup) tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.

Hal senada diungkapkan Kolaborator Adipura sekaligus Ketua TP PKK Kab. Basel, Ekawati Justiar mengatakan bahwa Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) seperti yang disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada tahun 2025 Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga,  yang sudah di implementasikan ke Jakrasda Harus mengurangi 30% sampah dan menangani 70% sampah, Artinya semua jenis sampah rumah tangga harus bisa dikelola.

"Tentunya kita mengharapkan partisipasi masyarakat, dimulai dari anak-anak sekolah untuk ikut mengurangi sampah, banyak cara yang bisa dilakukan. Semisal membawa botol minuman ke sekolah, memakai sedotan yang bisa dicuci," ucap dia.

Ekawati juga berharap, adanya partisipasi dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat. "Kita dapat mewujudkan semua itu dengan dukungan seluruh elemen masyarakat, apalah artinya peraturan apabila tidak diikuti masyarakat," imbuh dia sekaligus mengatakan ini berkat kerja keras dan sinergitas semua,  khususnya para petugas kebersihan yang bertugas dilapangan. (*edokfo)

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Rustam | Humpro Basel
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo