Kunjungan FKUB Bangka Disambut Baik Pemkab Basel

Toboali - Bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Pemkab Basel bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Basel menerima Kunjungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bangka, Kamis (25/10/2018).

FKUB sendiri berdiri berlandaskan Peraturan Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri tahun 2006. Berdasarkan yang tercantum pada Pasal 1 Ayat 5 dijelaskan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama, untuk kerukunan dan kesejahteraan.

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer melalui Wakil Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid atas nama Pemerintah 
menuturkan semoga hubungan yang telah terjalin baik selama ini antara pemerintah dan FKUB Bangka Selatan semakin terbina dengan baik demi terwujudnya kerukunan umat beragama dimasyarakat.

Ia juga menyampaikan terimakasih atas kunjungan FKUB kabupaten Bangka ke Kabupaten Basel untuk bersilaturahim dengan FKUB Basel. "Selamat datang di Kabupaten Bangka Selatan, semoga kalian betah dan nyaman berada di Negeri Junjung Besaoh," ucapnya sembari mempersilahkan kepada tamu untuk berkunjung ke wisata yang ada di Basel. 

Dalam sambutannya itu, dirinya berharap peran aktif para pemuka dan tokoh agama dalam memberikan pemahaman yang benar terhadap agama masing-masing yang diakui di negara Indonesia. 

Selain itu, dirinya juga berharap agar terwujudnya kerukunan, stabilitas dan harmoni ditengah masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada umumnya. "Mari kita berdayakan Forum Kerukunan Umat Beragama secara maksimal," ajak Riza. 

Dengan upaya pemberdayaan FKUB, ia mengharapkan terwujudnya suasana yang kondusif bagi FKUB, untuk melaksanakan tugas, fungsi dan tanggungjawabnya dalam pemeliharaan KUB antara lain melalui program kegiatan seperti mengadakan konsolidasi kelembagaan/organisasi FKUB, mengadakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi/lembaga/organisasi yang bergerak dalam membina KUB, juga mengadakan dialog, diskusi, pengkajian dan penelitian masalah yang berkaitan dengan KUB, membina dan memfungsikan kader-kader KUB dari semua lini, serta membangun net working/jaringan kerja dengan lembaga/organisasi yang  bergerak dalam membina KUB. (*erokfo) 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Humpro Basel
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo