Kades Antar Waktu Desa Permis Dilantik

Simpang Rimba - Bupati Bangka Selatan, Drs. H. Justiar Noer , S.T., M.M., M.Si secara resmi melantik Kepala Desa (Kades) Antar Waktu Desa Permis Kecamatan Simpang Rimba, Saihur Rahmi, Kamis (31/01/2019).

Acara berlangsung khidmat, diawali dengan pemberian tanda pangkat dan jabatan oleh Bupati Bangka Selatan kepada Kades Antar Waktu Desa Permis Kecamatan Simpang Rimba, Saihur Rahmi, kemudian dilanjutkan pemberian penghargaan kepada mantan penjabat Kades Desa Permis Ipon Ostian dengan disaksikan seluruh tamu undangan.

Acara pelantikan ini merupakan ujung dari proses rangkaian pemilihan kades antar waktu menggantikan kades sebelumnya yang dilakukan oleh panitia pemilihan kades. "Ini bukanlah akhir, melainkan awal pengabdian kades terpilih antar waktu untuk mengemban amanah untuk membangun desa, mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran untuk kemajuan desa," ungkap Justiar saat memberikan sambutannya.

Lebih jauh ia meyakini bahwa dengan adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antara pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten, secara bersama-sama mampu untuk melaksanakan pembangunan di pedesaan, dengan mengoptimalkan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih jauh ia juga mengingatkan kepada kades yang baru dilantik agar dalam melaksanakan pembangunan di desa, juga menghindari kepentingan pribadi, keluarga, golongan maupun para pendukungnya. Kemudian diharapkan untuk menjaga kondusifitas, merangkul dan melibatkan seluruh elemen masyarakat desa dalam menjalankan tugas melalui penyelenggaraan pemerintah desa.

Hal lainnya, Justiar juga mengingatkan apabila melanggar kewajiban dan larangan kepala desa, maka akan diberikan sanksi dimulai dari teguran, pemberhentian sementara dan dapat dilanjutkan pemberhentian sebagai kades. 

"Laksanakan pembangunan desa sesuai dengan RPJM Desa, dengan melibatkan BPD dan perangkat desa. Kemudian lakukan juga pembinaan kepada perangkat desa dan lembaga kemasyarakatan yang ada, serta tidak melakukan pengangkatan dan pemberhentian yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan," imbuh dia.

Dirinya juga mengatakan agar pelayanan masyarakat dilaksanakan dikantor serta menghindari pelayanan di rumah pribadi. Selain itu, diharapkan kades dapat melaksanakan tertib kependudukan dan melaporkan secara periodik kepada OPD terkait. Bukan hanya itu saja, pesan lain yang disampaikan bupati juga terkait daam hal pemanfaatan dan pemeliharaan kekayaan serta aset dengan baik dan benar serta pengelolaan desa dengan tertib, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sebelum menutup sambutan, Justiar mengharapkan agar kades yang baru dilantik dapat menjalin kerjasama yang harmonis, sehingga dapat bangkit dan bersatu dalam mengoptimalkan pembangunan pedesaan. Ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat bahwa kebersamaan, kerukunan serta perdamaian harus tetap dijaga, karena hanya dengan kondisi tersebut, pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. 

"Selamat kepada kades yang kali ini diberikan kepercayaan untuk memimpin. Semoga dapat mengemban amanah ini dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab. Kepada penjabat kades, saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa dan pengabdiannya selama ini ," pungkasnya sembari menutup sambutan. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Rustam | Nenti
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo