Justiar : Pemkab Basel Senantiasa Dukung Program Pemerintah Pusat Dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak

Toboali - Bertempat di Balai Daerah Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel), Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Toboali menyelenggarakan Pekan Panutan Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Tahunan PPh Orang Pribadi oleh Forkopimda secara online melalui e-Filling, Rabu (13/03/2019) pagi.

Kepala KPP Pratama Bangka Edwin Warganingrat Mulia, SE, MM mengatakan bahwa di Basel ini adalah rangkaian terakhir acara penyerahan SPT tahunan, dimana sebelumnya dimulai dari Sungailiat, Koba, Muntok dan terakhir di Basel. "Kewajiban menyampaikan SPT adalah kewajiban bagi semua wajib pajak, artinya semua kegiatan yang dilakukan oleh kita atau wajib pajak itu tertuang dalam SPT tersebut," papar dia.

Dijelaskan Edwin, pajak sekarang memang sudah luar biasa peranannya dalam APBN, sudah sewajarnya semua harus mensukseskan peneriman pajak agar dapat dicapai. "Mudah-mudahan dengan terlaksananya kegiatan ini, Bupati bersama Forkopimda dalam menyampaikan SPT, menjadikan motivasi yang lainnya juga untuk menyampaikan SPT," harap dia.

Sementara, Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si menyambut baik dengan terlaksananya kegiatan tersebut, dikarenakan untuk mengingatkan kewajiban sebagai warga negara membayar dan melaporkan pajak atas penghasilan yang dimiliki kepada negara. "Salah satu pilar kehidupan bernegara adalah partisipasi warga negara dalam setiap aktifitas kehidupan, yang salah satunya adalah membayar pajak untuk menunjang pembiayaan negara," ucap dia.

Peranan pajak sebagai sumber utama pembiayaan negara dan daerah dalam APBN dan APBD, semakin besar dari tahun ke tahun. "Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam APBN, pajak merupakan penerimaan negara terbesar, lebih dari 80% pendapatan negara bersumber dari pajak," ungkap dia.

Dikatakan Justiar, membayar pajak merupakan wujud gotong-royong dalam membangun bangsa, melalui gotong-royong tersebut maka beban pembangunan tidak hanya ditanggung oleh segelintir orang atau perusahaan saja, tetapi seluruh masyarakat ikut berkontribusi dan berpartisipasi dalam membangun negara. "Pemkab Basel senantiasa mendukung program atau kebijakan pemerintah pusat terkait dengan upaya peningkatan penerimaan pajak, melalui kerjasama dengan KPP Pratama Bangka atau KP2KP Toboali, yang antara lain dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan sosialisasi kepada para bendaharawan di lingkungan Pemkab Basel ataupun wajib pajak usahawan lainnya," ucap dia.

Dilanjutkan dia, dengan telah terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) Basel di tahun 2018 tentang NPWP Lokasi Usaha dan Kegiatan Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) merupakan bentuk sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam hal meningkatkan penerimaan pajak agar terwujudnya kesejahteraan rakyat. Pajak yang diterima oleh pemerintah pusat juga dirasakan manfaatnya oleh pemerintah daerah dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Bagi Hasil sehingga tecipta pemerataan pembangunan yang dapat meningkatkan kualitas hidup bangsa.

Menutup pesan, ia sangat mengharapkan partisiasi aktif seluruh masyarakat Basel, untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar dan melapor pajak, baik secara pribadi maupun sebagai pimpinan lembaga atau instansi vertikal, serta seluruh jajaran Pemkab Basel. 

Disamping itu, diharapkan juga turut mengawasi dan memberikan teladan kepada bawahan untuk melaksanakan kewajiban membayar pajak serta mengingatkan bawhan yang belum melaksanakan kewajiban membayar dan melaporkan pajaknya tepat waktu. "Semoga kegiatan ini jadi panutan dan dapat dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Basel sehingga tingkat kepatuhan wajib pajak dapat meningkat," pungkasnya.

Diawali dengan penampilan Tarian Sekapur Sirih dari Sanggar Dharma Habangka, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian Cinderamata kepada Forkopimda oleh Kepala KPP Pratama Bangka. Kemudian dilakukan pemberian penghargaan kepada wajib pajak berkontribusi Besar Setoran Pajak Pusat Tahun 2018 oleh Forkopimda dan Kepala KPP Pratama Bangka. Terakhir, kegiatan itutup dengan tarian daerah Tunjang Berakit dari Sanggar Dharma Habangka. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo