Justiar : Pemerintah Akan Terus Gali Potensi Unggulan Yang Ada Di Kecamatan Simpang Rimba

Simpang Rimba - Bertempat di Lapangan Upacara Kantor Kecamatan Simpang Rimba, Perayaan Hari Jadi ke - 16 Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kembali digelar, pada Selasa (26/02/2019). Tampak, beberapa stand bazar turut menambah kemeriahan acara, dan masyarakat terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian acara tersebut.

Kecamatan Simpang Rimba merupakan daerah  yang sangat potensial, diantaranya di bidang pertanian seperti halnya penghasil lada, karet dan sawit, serta di bidang peternakan semisal peternakan sapi, ikan, budidaya udang. Potensi lainnya yakni keindahan alamnya seperti kawasan wisata Bukit Nenek dan Pantai Batu Bedaun. Namun, bukan hanya itu saja, dari sisi budaya, kecamatan ini juga memiliki ragam kebudayaan, seperti Ngarak Gasing Kayu dan Ngarak Ketupang Gong serta wisata sejarah Festival Batin Tikal.

Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si dalam kesempatan tersebut mengupayakan pihaknya terus menggali seluruh potensi unggulan yang ada di setiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bangka Selatan. "Kecamatan Simpang Rimba yang memiliki potensi wisata alam dan wisata sejarah, perlu disiapkan secara matang, seperti untuk mendatangkan wisatawan, tentu objek wisata ini perlu kita bangun sarana dan prasarana  pendukung, seperti halnya objek wisata Bukit Nenek pemandangannya sungguh indah," ujar dia.

Dilanjutkan dia, bagaimana upaya pemerintah kecamatan, pemerintah desa, kabupaten untuk menjadikan sebagai ikon wisata di kecamatan Simpang Rimba. "Untuk tahap awal, keterlibatan langsung masyarakat desa sekitar sangat diharapkan. Bagaimana peran dan dukungannya dalam menjaga potensi daerah yang ada jangan sampai dirusak, dicoret dan mencegah perbuatan lainnya yang bisa merugikan daerah, ini kesempatan bagi organisasi pemuda maupun masyarakat di Simpang Rimba untuk memulai sehingga nanti hasilnya sama-sama dapat dirasakan," imbuh dia.
 
Menutup pesan, ia juga berharap adanya partisipasi dari berbagai pihak, baik stakeholder maupun masyarakat untuk kesinambungan di Kab. Basel, khususnya di Kecamatan Simpang Rimba. (*edokfo) 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Humpro Basel
Editor: 
Achmad Ansyori
Bidang Informasi: 
Kominfo