Imunisasi MR, Wakil Bupati : Perlu Dukungan Seluruh Sektor

Toboali - Bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB)  Kabupaten Basel menyelenggarakan Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi dalam rangka pelaksanaan kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) tingkat Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Rabu (26/9/2018). Turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Basel, Ekawati Justiar dan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Basel.

Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengatakan imunisasi ini tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak didukung oleh seluruh sektor. "Saya mengharapakan kepada Kadis Pendidikan dan Kepala Kantor Kemenag agar terus mendukung program ini agar berjalan dengan sukses," ucap dia. 

Lebih jauh, ia mengucapkan terimakasih atas dukungannya dalam menyediakan dan memvalidasi data-data sasaran utama imunisasi massal, membantu membuat surat edaran dan sosialisasi agar imunisasi massal ini sukses dilaksanakan dan menjangkau sasaran secara optimal atau minimal 95%. Peran Tim Penggerak PKK di tiap tingkatan, tokoh masyarakat alim ulama serta para pengasuh pondok pesantren sangat diharapkan dalm penyuluhan dan penggerakan sasaran agar masyarakat luas dapat menerima informasi terkait tentang tujuan, waktu, jadwal dan dapat menggerakkan kelompok sasaran imunisasi massal ini agar datang sesuai waktu pelayanan. 

Ia menjelaskan, imunisasi Measles Rubella (MR) sangat penting untuk pertumbuhan kesehatan anak berguna untuk membentuk kekebalan kesehatan anak dari virus penyakit. Baik yang timbul dari dalam tubuh maupun virus penularan yang ditimbulkan orang lain. 

Selain itu, ia mengatakan dalam hal menjaga anak, sebagai orang tua kita ingin anak-anak kita tetap sehat. "Ini adalah tugas setiap orangtua, tugas setiap masyarakat dan juga tugas dari negara. Anak-anak dititipkan oleh Allah kepada kita untuk kita sayangi, untuk kita didik, untuk kit jaga, untuk kita ayomi. Terutama menjaga mereka dari berbagai penyakit yang berbahaya dan mematikan, " ungkap Riza sekaligus mengatakan penyakit seperti Measles Rubella (MR) maupun campak dan rubella yang sudah terbukti dan diketahui diseluruh dunia, sangat berbahaya jika dibiarkan menjangkiti anak-anak. (*erokfo) 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Humpro Basel
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo