Harapkan Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Lewat Perda TB dan JKD

Toboali - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melakukan penetapan dua raperda inisiatif Komisi I yakni penyelenggaraan dan penanggulangan tentang Penyakit Tubercolosis di Bangka Selatan dan jaminan kesehatan daerah terintegrasi. 

Sekretaris Komisi I Samsir menyebutkan, penyelenggaraan dan penanggulangan Tubercolosis ini merupakan penyakit menular yang penularannya melalui keluarga dan trendnya terus meningkat secara significant setiap tahunnya. 

"Dan yang menjadi masalah adalah keengganan dari penderita untuk melaporkan dan berobat ke unit pelayanan kesehatan jika belum parah. Sehingga pembiaran dari pasien yang bersangkutan memberikan peluang untuk menyebar secara cepat melalui keluarga terdekat. Karena mudahnya proses penularan dari bekas alat makan dan minum dalam keluarga tersebut," ungkap dia.

Dikatakannya, pemerintah Bangka Selatan diharapkan membuat kebijakan strategis untuk menanggulangi penukaran penyakit Tubercolosis tersebut dan itu perlu ada regulasi hukum yang mendasarinya. Begitu pula dengan perda Jaminan Kesehatan Daerah Terintegrasi didasari atas keprihatinan Komisi I masih banyaknya masyarakat Bangka Selatan yang belum mendapatkan fasilitas kesehatan. (TIM PPID)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Tim PPID
Fotografer: 
TIM PPID
Editor: 
Edo Lebiro | Neneng Nurlela
Bidang Informasi: 
Kominfo