Hadiri Hedeka Ume, Bupati Apresiasi Kerja Keras Dan Usaha Para Petani

Lepar Pongok - Bertempat di Sawah Rangka Kampak Desa Tanjung Labu, Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si menghadiri acara syukuran atas hasil panen atau Hedeka Ume dalam rangka pelaksanaan program upaya khusus padi, jagung dan kedelai di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), pada Minggu (24/02/2019).

Saat ini luas baku lahan sawah yang ada di Kecamatan Lepar Pongok secara keseluruhan 710 Ha, yaitu Desa Tanjung Labu 88 Ha, Desa Tanjung Sangkar 361 Ha, dan Desa Penutuk 261 Ha. Sementara, luas panen padi sawah Rangka Kampak Desa Tanjung Labu yang akan dilakukan yaitu seluas 55 Ha. 

Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras dan usaha para petani yang ada di Desa Tanjung Labu untuk ikut berperan secara langsung dalam peningkatan produksi dan produktivitas di Kab. Basel.

"Semoga kedepannya kegiatan ini dapat menjadi stimulan bagi petani dan penyuluh sebagai ujung tombak dalam mensukseskan upaya khusus peningkatan produksi dan produktivitas padi di Kab. Basel," harap dia.

Dijelaskan dia, Pemkab Basel telah menyalurkan bantuan berupa benih melalui dana APBN Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun 2018 terdiri dari 9,7 ton Desa Tanjung Labu 2,2 ton, Desa Tanjung Sangkar 2,5 ton dan Desa Penutuk 5 ton. Selain itu, imbuh dia, Pemkab Basel melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan telah menyalurkan alat pasca panen berupa 1 unit power thresher (mesin perontok padi) guna mendukung kinerja petani di lapangan.

Sampai saat ini, dikatakan Justiar, sektor pertanian masih merupakan salah satu yang menjadi prioritas pembangunan di Kab. Basel, mengingat cukup besarnya peluang dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekaligus pengembangan perekonomian daerah. 

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan lepat hasil panen dari Sawah Rangka Kampak oleh Bupati kepada Kades Tanjung Labu Rusli. Kemudian, dilakukan juga penyerahan traktor oleh Bupati kepada Ketua Gapoktan Maju Bersama Widianto. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra | Arwin
Editor: 
Rustam | Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo