Gelar Musrenbang, Justiar : Upaya Percepatan Capai Visi dan Misi Pemkab Basel

Toboali - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2020 di Balai Daerah Pemkab Basel, Rabu (27/03/2019). Musrenbang Kabupaten/Kota merupakan salah satu wujud nyata dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perncanaan Pembangunan Nasional dimana perencanaan sendiri diartikan sebagai proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang yang tersedia. 

Pada konteks tersebut, sumber daya yang dimaksud adalah potensi, kemampuan dan kondisi lokal, termasuk anggaran yang dikelola untuk dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui forum Musrenbang diharapkan juga akan terbentuk pengembangan partisipasi masyarakat dalam setiap proses dan pelaksanaan pembangunan.

Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si dalam sambutannya mengatakan Musrenbang RKPD ini, merupakan rangkaian proses perencanaan partisipatif yang dimulai dari tingkat desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan tingkat Nasional. Bertemakan "Percepatan Peningkatan Kapasitas Daya Saing Sumber Daya Manusia Berbasis Arah dan Kebijakan Pembangunan Kewilayahan", hal yang ingin dicapai adalah Akselerasi, adanya upaya-upaya percepatan dalam mencapai visi dan misi Pemkab Basel dalam periode 2016-2021 yaitu "Mewujudkan Bangka Selatan Mandiri, Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing".

Melalui forum ini diharapkan dia, dokumen Rencana Kerja Perangkat Daerah harus terdapat sinkronisasi dengan RPJMD dan rencana strategis perangkat daerah sehingga terwujud perencanaan pembangunan yang komprehensif, terarah, terukur dan berkelanjutan untuk menjawab kebutuhan desa, kecamatan, baik bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN untuk kemudian dituangkan dalam dokumen Rencana Kerja Perangkat Daerah.

"Untuk menjabarkan tema RKPD Tahun 2020, maka prioritas RKPD Tahun 2020 adalah pertama, pembangunan ekonomi sektor pertanian, perkebunan dan perikanan berbasis kawasan dan hilirisasi produk/industri. Kedua, pariwisata dan pembenahan wajah kota, berikutnya yang ketiga adalah tata kelola pemerintahan dan keempat, kulitas sumber daya peningkatan kehandalan dan pelayanan infrastruktur, konektifitas dan pengembangan wilayah dengan prinsip keberlanjutan (sustainable). Adpun yang kelima, kulalitas kehidupan masyarakat dan keenam, kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat," terang dia.

Dilanjutkan Justiar, prioritas pembangunan tersebut bertujuan untuk meminimalisir permasalahan baik di bidang ekonomi, sosial dan infrastruktur serta memperhatikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tetap memperhatikan nilai dan budaya masyarakat setempat.

"Mari kita bersama-sama seluruh perangkat daerah agar tetap berupaya keras untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara profesional dan akuntabel. Sealin itu, perlu juga dioptimalkan sumber-sumber dana melalui APBN maupun kerjasama swasta dalam rangka peningkatan investasi di daerah," ajak dia sekaligus mengatakan harus didukung oleh aparat yang berkualitas, berdisiplin, memiliki etos kerja yang tinggi dalam melaksanakan berbagai program pembangunan dan pelayanan publik.

Turut hadir anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung Drs. H. Ahmad Hudarni Rani, Wakil Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, ST, Wakil Ketua DPRD Bangka Selatan Samsul Bahri, Unsur Forkopimda Basel,Plh. Sekda Basel Agus Pratomo, SE, MM, Kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi, dan Informasi Daerah BAPPEDA Prov. Kep. Babel Dr. Agung Demwi Candra, ST, M.SE, Akademisi, Kepala OPD, dan Instansi Vertikal. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo