DTKTKUKM Basel Adakan Sosialisasi Tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Toboali - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan UMKM (DTKTKUKM) Basel menggelar Sosialisasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan terkait Peraturan Bupati Bangka Selatan No 57 Tahun 2017 Tentang Kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kabupaten Bangka Selatan (Basel), di Gedung Diklat BKPSDMD Basel, Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Basel, Selasa (25/9/2018). Sosialisasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini dilakukan karena hal tersebut merupakan bentuk perlindungan terhadap tenaga kerja.

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer melalui Staff Ahli Bidang, Hukum, Administrasi dan Pemerintahan Dra. Hartini dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebagaimana diketahui bahwa kegiatan ini adalah tindak lanjut ketentuan Pasal 2 Ayat (1) Pasal 3 huruf a, dan Pasal 4 Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2013 tentang  Kepesertaan Jaminan Sosial. Maka perlu ditetapkan Peraturan Bupati Bangka Selatan tentang Kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. 

"Maksud dan tujuannya adalah terselenggaranya kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dalam memenuhi kebutuhan dasar hidup layak bagi pemberi kerja dan pekerja memberi landasan hukum dalam pelaksanaan kepesertaan jaminan ketenagakerjaan," jelas dia dihadapan tamu undangan dan turut dihadiri Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bangka Belitung Fais Saleh Harharah dan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan UMKM Kabupaten Bangka Selatan Basu Priatna. 

Berdasarkan peraturan tersebut, imbuh dia, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang mengajak seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah untuk dapat mengimplementasikan dan mematuhi ketentuan yang tercantum di dalam Peraturan Bupati No. 57 Tahun 2017 tentang Kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. (*erokfo) 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Humpro Basel
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo