DPRD Basel Gelar Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Kab. Basel ke 16

Toboali - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar Acara Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Kabupaten Bangka Selatan ke 16, di Ruang Rapat Junjung Besaoh DPRD Kab. Basel, Komplek Perkantoran Terpadu, Sabtu (02/02/2019). Acara ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng, yang berlangsung secara hikmat dan lancar.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M melalui Staf Ahli Gubernur Kep. Babel Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Syahrudin mengatakan Kabupaten Bangka Selatan memiliki potensi-potensi yang sangat menjanjikan dan strategis yang selalu perlu dikembangkan. "Kab. Basel adalah daerah yang indah, kaya akan potensi, diantaranya potensi pariwisata, dan kaya akan nilai-nilai budaya namun tetap dengan kerendahan hati dengan sikap optimisme membangun. Kabupaten ini tetap berjuang untuk mencapai kemajuan yang lebih mantap walaupun diiringi beragam tantangan," ungkap dia.

Keberhasilan pembangunan diberbagai bidang, tambah dia, pada akhirnya mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dan sejahtera. Hal ini diukir dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat meningkatnya pendapatan per kapita, meningkatnya tabungan masyarakat, serta meningkatnya daya beli masyarakat.

Sementara, Ketua DPRD Kab. Basel H. Sipioni H. Sarian mengatakan peringatan Hari Jadi Kab. Basel tahun ini mengusung tema ”Urang Bangka Selatan Hebat, Yo Kite Hame-Hame Begawe Wujudkan Bangka Selatan Mandiri, Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing”. Dengan tema tersebut, pihaknya berharap seluruh unsur pemerintahan Kab. Basel untuk dapat menyelenggarakan kembali semangat kebersamaan, semangat bergotong royong yang dimiliki selama ini sehingga Basel lebih maju dan sejahtera.

Dalam sambutannya, dirinya juga mengakui beberapa prestasi dan penghargaan yang diraih Negeri Junjung Besaoh, diantaranya selama 3 tahun berturut-turut memperoleh penghargaan di bidang lingkungan hidup dengan memperoleh penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, kemudian penghagaan atas hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2018 oleh Ombudsman Republik Indonesia, dan penghargaan tingkat nasional atas Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Award 2018 dengan kategori Pembina Umum Terbaik Karang Taruna Kabupaten dengan meraih predikat "Baik". Namun, disamping itu ia juga mengatakan bahwa masih banyak tugas bersama untuk membangun negeri Junjung Besaoh.

Hal senada diungkapkan Bupati Bangka Selatan Drs. H. Justiar Noer , S.T., M.M., M.Si dalam sambutannya, bahwa tak terasa 16 tahun berdirinya Kabupaten Bangka Selatan telah dinikmati sejak Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menyetujui pembentukan kabupaten ini ada tanggal 27 Januari 2003. Ia juga mengatakan semenjak dirinya dan Wakil Bupati Riza Herdavid, ST dilantik pada tanggal 17 Februari 2016 untuk masa bhakti 2016-2021, Kabupaten Basel telah beranjak ke peringkat 151 dari sebelumnya peringkat ke 163 (tahun 2016), dan dimana sebelumnya peringkat 316 dari 568 kabupaten/kota se - Indonesia dengan katagori berada di zona merah.

"Banyak hal yang ingin kita laksanakan untuk mengisi pembangunan di Bumi Junjung Besaoh ini agar dapat mensejajarkan diri dengan kabupaten lainnya, atau bahkan melebihinya yang mana hal tersebut terangkum dalam visi "Mewujudkan Bangka Selatan Mandiri, Maiu, Sejahtera dan Berdaya Saing" yang akan dicapai melalui kemandirian ekonomi masyarakat, berbasis potensi lokal daerah, yang berdaya saing, dengan pelayanan publik yang profesional berbasis teknologi informasi dan penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik," ungkap dia.

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, imbuh dia, tentunya diperlukan sinergisitas, integrasi, dan partisipasi dari semua pihak dan komponen masyarakat. Ia juga berpesan untuk senantiasa menjaga situasi yang kondusif, aman, tentram dan damai, dan khusus kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat menjaga netralitasnya berkaitan dengan Pilpres dan Pileg tanggal 17 April mendatang.

Menutup pesan, ia berharap dan mengajak seluruh pejabat dan stakeholder yang ada di lingkungan Pemkab Basel beserta masyarakat untuk bersinergi dan bersama - sama membangun Kab. Basel menjadi lebih baik kedepannya. "Selamat Hari Jadi ke-16 Kabupaten Bangka Selatan, semoga dapat lebih maju lagi untuk masa-masa mendatang," pungkas Justiar. (*edokfo)

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra | Humpro Basel
Editor: 
Edo Lebiro | Rustam
Bidang Informasi: 
Kominfo