Dikominfo Basel Gaet Narasumber dari Transmedia Jakarta dan Bukalapak

Toboali - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kembali menggelar Roadshow Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Bagi Masyarakat. Kali ini, kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Bappeda Komplek Perkantoran Terpadu ini diikuti sebanyak 25 (dua puluh lima) orang yang berasal dari Kecamatan Toboali, Selasa (12/03/2019).

Dijelaskan Ketua Pelaksana Kegiatan Efrianita, S.Sos, M.Kesos bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun kepedulian dan kecerdasan peserta dalam mengakses dan memfilter informasi melalui dunia maya baik dalam bermedsos atau aktifitas online lainnya sehingga informasi yang didapatkan dapat digunakan untuk kepentingan yang lebih berguna dan efektif untuk kemajuan masyarakat.

Selain itu, kegiatan dengan narasumber dari Transmedia Jakarta Windra Hendrayana dan dari Bukalapak Bangka Belitung Ferdinan Handrata, S.Kom ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat di Kecamatan Tukak Sadai Kab. Basel tentang hal-hal mendasar dari penggunaan internet dan media online sehingga dalam menggunakannya, masyarakat dapat berlaku sehat dan produktif dalam berselancar di dunia maya.

Sementara, Camat Toboali Jusvinar, S.STP melalui Sekcam Eka Suwari berpesan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, serta memanfaatkan momen yang baik ini untuk menambah wawasan. Ditambahkan dia, para peserta juga dituntut berperan aktif untuk berdiskusi seputar masalah TIK yang sekiranya perlu.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memberikan pemahaman bagaimana menggunakan media sosial secara positif ataupun memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang cepat saat ini dengan bijak.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Basel Achmad Ansyori, SH, M.Si melalui Sekretaris Dinas Toni Pratama, SE, MM saat memberikan sambutan bahwa saat ini kemajuuan teknologi sekarang semakin berkembang pesat sudah tidak terbatas, namun selain berdampak positif, hal tersebut juga memiliki dampak negatif. "Kebutuhan informasi sudah menjadi bagian hidup kita dan sudah menjadi kebutuhan pokok, tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Namun ada sisi positif dan negatifnya. Inilah kewajiban kami (Dikominfo) untuk mengimbau masyarakat agar menggunakan internet dengan baik dan bijak serta sesuai pemanfaatannya," ucapnya sekaligus membuka acara tersebut secara resmi.

Menutup pesan, ia mengajak para peserta untuk membantu pihaknya (Dikominfo) dalam menyebarkan informasi yang diperoleh pada hari ini untuk diteruskan kepada masyarakat sekitar. "Teruskan informasi yang penting ini kepada yang lainnya agar dapat menggunakan media sosial yang santun, yang baik dan yang positif, serta manfaatkan perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi yang ada untuk menghasilkan pundi-pundi uang," pungkas dia. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra
Editor: 
Rustam
Bidang Informasi: 
Kominfo