Dengan Tukar Sampah, Bisa Nikmati Ragam Fasilitas Ini di Basel

Toboali - Bank Sampah "Pondok Mandiri" Basel melakukan launching program baru Belajar Bayar Sampah, yaitu
Bimbingan Belajar Berbasis Lingkungan di Jalan Jendral Sudirman bersamaan dengan kegiatan Car Free Day, Minggu (22/5) pagi. 

Salah satu penggagas Bank Sampah Pondok Mandiri Basel, Gito mengatakan, selain program berobat bayar sampah yang selama ini sudah berjalan, juga melayani penukaran sampah dengan sembako, pulsa HP dan PLN, alat tulis sekolah, emas dan pusui (susu kacang) pada saat Car Free Day serta program THR (Tabungan Hari Raya).

Dijelaskannya, tujuan launching tersebut agar masyarakat Basel tidak membuang sampah sembarangan, dan bisa menjadikan sampah sebagai sumber pendapatan.

Dengan adanya nilai ekonomis, sampah yang selama ini dianggap salah satu faktor penyumbang kerusakan lingkungan, sekarang bisa dirasakan manfaatnya. "Mari kita ubah mindset terhadap penanganan masalah sampah ini, dengan program seperti ini dirasa ampuh, sekaligus menjadi berkah untuk kita semua," Himbau dia.

Bagaimana tidak, hanya dengan menukarkan sampah jenis anorganik seperti kaleng, kertas, kardus, gelas minuman, botol minuman, bekas oli, shampo, pipet, dan lain-lain. Warga bisa menikmati ragam program yang ada.

Semisal Program Berobat Bayar Sampah yang bekerjasama dengan dr Agus Pranawa,  warga mendaftar sebagai nasabah Bank Sampah Pondok Mandiri dan menyetor rutin tiap bulan dengan senilai sampah Rp 5.000,- per bulan. "Misalnya harga aqua gelas Rp 3.000,-/kg dan kardus Rp 1.000,-/kg, maka dengan menyetor 1 kg aqua gelas dan 2 kg kardus, nasabah sudah bisa berobat ke dr Agus Pranawa tanpa perlu biaya lain," Terang Gito di sela-sela launching.

Adapun prosedurnya, cukup dengan menabung rutin di Bank Sampah maka akan dipotong per bulan sesuai ketentuan, dan pihaknya akan menyetorkan kepada dr Agus Pranawa senilai jumlah sampah yang ditabung oleh warga, jadi warga berobat cukup membawa buku tabungan dan kartu asuransi yang telah dimiliki masing-masing peserta.

Bank Sampah Pondok Mandiri Basel yang beralamat di Jl Diponegoro RT 01 RW 01 Kelurahan Toboali Kabupaten Bangka Selatan dengan memberdayakan ibu-ibu lanjut usia, disabilitas, Perempuan Rawan Susah Ekonomi serta Pemuda Putus Sekolah. Saat ini tim pemberdayaan berjumlah 40 orang dan nasabah berjumlah 125 orang.

Sumber: 
Dihubkominfo Basel
Penulis: 
Edo Lebiro
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo