Bupati Hadiri Perayaan Hari Jadi ke 16 Kab. Basel di Lepar Pongok Sekaligus Meresmikan Tugu Kepiting Emas

Lepar Pongok - Kecamatan Lepar Pongok memiliki ragam potensi, diantaranya potensi perkebunan, pertanian dan kelautan serta pembangunan destinasi wisata pesisir dan pulau-pulau kecil. Diantaranya seperti di desa Tanjung Sangkar, dimana banyak menghasilkan kepiting, sementara Pulau Kelapan dengan keindahan alam bawah laut, dan Pantai Lampu Desa Tanjung Labu dengan keindahan pantainya.

Demikian seperti dikatakan Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si saat membuka acara Ngarak Serujo Kue Badak sekaligus peresmian Tugu Kepiting Emas Desa Tanjung Sangkar dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kab. Basel ke - 16 di Lapangan Bola Gelora Sastra Karya Desa Tanjung Sangkar, Kecamatan Lepar Pongok, pada Sabtu (23/02/2019). Dikatakan dia, untuk kesinambungan di Kab. Basel, diperlukan partisipasi berbagai pihak, baik dari stakeholder maupun masyarakat. "Selamat Hari Jadi ke - 16 Kabupaten Bangka Selatan, semoga lebih maju di masa-masa mendatang," pungkas Justiar sembari menutup pesan.

Sebelumnya, Camat Lepar Pongok Dodi Kusumah, S.STP menuturkan dalam rangka menyukseskan perayaan Hari Jadi ke - 16 Kab. Basel, pihaknya telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang memiliki nilai budaya lokal. Diantaranya telah dilakukan pelaksanaan Ngarak Serujo Kue Badak yang sudah berjalan sejak 3 (tiga) kali perayaan Hari Jadi Kab. Basel. Ia juga berharap, bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Basel, Arak-Arakan Telok Serujo Kue Badak tersebut bisa mendapat sertifikasi dan diakui secara nasional.

Selain itu, dikatakan dia, Tarian Gajah Manunggang telah mendapat sertifikat dan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai warisan budaya tak benda. Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu peduli terhadap lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah yang ada di Kecamatan Lepar Pongok agar bisa teratasi dengan baik bersama masyarakat dan stakeholder terkait. "Mari kita bijak dalam mengelola sampah, sehingga mengurangi sampah yang berserakan, baik di daratan maupun di lautan," ajak dia sembari mencontohkan bentuk partisipasi masyarakat yang telah terbangun, salah satunya dengan membuat kreasi Fashion Show dengan menggunakan bahan daur ulang.

Dalam rangkaian acara tersebut, selain Arak-Arakan Kue Badak, terdapat juga Lomba Fashion Show Daur Ulang dan penampilan Pantomim oleh Varellio Tryan Febrieno dari SDN 1 Lepar Pongok dengan tema Liburan Pergi Memancing. Terakhir, penampilanan Tarian Gajah Manunggang oleh PKK Kecamatan Lepar Pongok yang kemudian diikuti Bupati dan rombongan. Usai perayaan, acara dilanjutkan dengan peninjauan kreasi Kue Badak dan langsung meresmikan Tugu Kepiting oleh Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si didampingi unsur Forkopimda Basel dan rombongan. Turut hadir unsur Forkopimda, Plh. Sekda Kab. Basel, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Basel, Ketua TP PKK Kab. Basel, Kepala Puskesmas Tanjung Labu, KUA Lepar Pongok, Panwaslu Lepar Pongok, Kades dan Perangkat Desa se - Kecamatan Lepar Pongok, kepala KUPT Kecamatan Lepar Pongok, Unsur Sekolah, PPL se - Kecamatan Lepar Pongok, Direktur BUMDes Maju Bersama Desa Tanjung Labu, Ketua Karang Taruna beserta anggota, tokoh adat, tokoh pemuda dan masyarakat. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra | Arwin
Editor: 
Rustam | Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo