Bunda PAUD : Usia Dini Perlu Mendapatkan Pelayanan Terpadu

Toboali - Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Begitupun dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) , merupakan jenjang yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian.

Demikian dikatakan Bunda PAUD, Ekawati Justiar Noer saat memberikan sambutan dalam acara Gebyar Anak Tingkat Kabupaten, Selasa (30/10/2018) di Pantai Nek Aji, Toboali yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kab. Basel. 

"Masa usia 0 hingga 6 tahun disebut dengan masa keemasan, karena melalui stimulasi yang efektif pada usia ini, dapat mengembangkan pertumbuhan otak dan stimulasi anak yang merupakan masa perkembangan kecerdasan yang cepat," papar Ekawati. 

Disamping itu, lanjut dia, bukan hanya pendidikan dan pengasuhan yang menjadi perhatian bagi semua, bahwa usia dini perlu mendapatkan pelayanan secara terpadu meliputi pelayanan kesehatan dan gizi, pelayanan pendidikan dan pengasuhan, pelayanan kesejahteraan dan perlindungan. "Saya harapkan terbentuknya PAUD holistik Integratif (Paud Hi) disetiap lembaga PAUD yang menjadi salah satu program PAUD di Kab. Basel," ucapnya sembari mengajak bunda-bunda PAUD, organisasi mitra yang hadir untuk bersatu padu melakukan perubahan yang nyata, dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan anak usia dini di desa, kelurahan dan kecamatan masing-masing.

Sementara, kepada para pendidik, ia mengharapkan menjadi seorang yang betul-betul menjadi figur dan teladan bagi anak-anak yang dapat membentuk karakter dan perilaku anak.

Acara yang bertemakan "Melalui Gebyar Anak Basel Kita Wujudkan Generasi Yang Genius (Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat)" ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 30-31Oktober 2018. (*erokfo) 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Humpro Basel
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo