Bulan Bhakti Karang Taruna Tingkat Provinsi

Toboali - Pada pelaksanaan bulan bhakti Karang Taruna Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 selama dua hari dimulai Sabtu hingga Minggu (27-28 Oktober 2018) di Pantai Kelisut Batu Perahu Toboali Bangka Selatan (Basel) bersama warga melaksanakan Car Free Day, Minggu (28/10/2018) berlangsung semarak. Turut dihadiri oleh Dinas Sosial Prov. Babel diwakili Kasi Kelembagaan Dinas Sosial Prov. Babel, Arhandis dan sekitar 200 peserta Karang Truna se-Prov Babel.

Pada pelaksanaan Car Free Day, dari pukul 06.00 hingga pukul 08.30 WIB, terlihat para Karang Taruna se-Prov. Babel bersama masyarakat Toboali setempat antusias mendatangi lokasi untuk ikut serta melaksanakan berbagai aktivitas olahraga seperti senam, kegiatan pemeriksaan kesehatan Donor Darah dari PMI Kota Pangkalpinang.

Ketua Karang Taruna Bangka Selatan, Ardiansyah yang biasa disapa Adi Abing menyebutkan bahwa kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna Tingkat Prov. Kep. Bangka Belitung tahun 2018 yang dilaksanakan di Pantai Kelisut Batu Perahu, Kelurahan Tanjung Ketapang Toboali Bangka Selatan.

Adi Abing mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan pembangunan sesuai generasi muda  warga karang taruna secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan oleh karang taruna bersama Pemerintah dan Komponen masyarakat lainnya  untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial.

"Tujuannya antara lain adalah terwujudnya kesadaran tanggung jawab sosial setiap gernerasi muda warga karang taruna .Terwujudnya jiwa dan semangat juang generasi muda warga Karang Taruna, tumbuhnya potensi dan kemampuan pemberdayaan generasi muda warga Karang Taruna, serta termotivasinya setiap generasi muda warga karang taruna untuk menjalin toleransi dan menjadi perekatan  persatuan dalam  keberagaman," ungkap Adi Abing.

Adapun rangkaian kegiatannya yakni Kemah Bhakti, Bhakti sosial yaitu penanaman mangrove, bersih-bersih pantai, donor darah, aksi bersih laut dan pantai, study karya bhakti tau Diskusi Panel, sinergi pemuda, masyarakat dan Pemerintah daerah dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Sementara, Katar Propinsi Babel, Ismail  mengatakan senam sehat menjadi kegiatan pembuka Car Free Day   yang diikuti dengan antusias warga Karang Taruda dan masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, 2.000 pohon untuk pantai Kelisut Batu Perahu ditanami Mangrove (Bakau) dengan pencanangan Program Pantai Laut Lestari. "Sebanyak 2000 pohon  yang dinami oleh peserta Karang Taruna se-Prop Babel di Pantai Kelisut Batu Perahu Toboali ini  program ini bertujuan untuk membangun dan mendorong semangat kepedulian terhadap  perlindingan dan pengelolaan lingkungan hidup baik secara individu pemerintah dunia usaha dan pendidikan," ungkap Ismail. (TIM PPID)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Tim PPID
Fotografer: 
TIM PPID
Editor: 
Edo Lebiro | Neneng Nurlela
Bidang Informasi: 
Kominfo