Banjir Hiburan, Masyarakat Berbondong-Bondong Hadiri Perayaan Acara Puncak dan Malam Penutupan Hari Jadi ke - 16 Basel

#Dihibur The Tob's Band, Artis Babel dan T'Koes Band

Toboali - Perayaan Acara Puncak dan Malam Penutupan Peringatan Hari Jadi ke - 16 Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Tahun 2019, yang dipusatkan di Pantai Laut Nek Aji Toboali ini dihadiri ribuan masyarakat Basel, pada Minggu (10/03/2019) malam.

Kegiatan yang sejak awal digelar pukul 05.30 WIB, diawali dengan kegiatan jalan santai, senam sehat dan penampilan Marching Band Gita Selatan, yang dilanjutkan dengan Atraksi Polisi Cilik (POCIL), dan adanya pembagian doorprize dengan beragam hadiah menarik diantaranya 1 unit sepeda motor. Selain itu, adanya kegiatan sunatan massal, donor darah bersama PMI Kab. Basel dan pengobatan gratis serta pameran ragam seni budaya 8 kecamatan. Yang menarik lainnya, adalah adanya suguhan aneka kuliner dan pameran UMKM, pasar murah, pesta kuliner dan hiburan pentas musik penampilan The Tob's Band dan artis Babel.

Sementara, pada saat malam penutupan masyarakat dihibur dengan pagelaran seni dan budaya dari Sanggar Tiara Selatan. Selepas hiburan seni dan budaya, dilakukan juga pemberian penghargaan atas partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Kab. Basel, serta penyerahan sertifikat halal dari Pemkab Basel terhadap berbagai produk-produk terbaik yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Basel Ekawati Justiar Noer,   kemudian penyerahan tali asih kepada keluarga anggota Presedium Pembentukan Kab. Basel. Terakhir, yang tak kalah menarik, dan pastinya yang ditunggu-tunggu masyarakat yakni penampilan T'Koes Band, yang membawakan karya-karya dari group band Koes Plus. Grup Band yang terinspirasi dengan nama Tonny Koeswoyo, maestro musik dari group legendaris Indonesia Koesplus atau Terinspirasi Koesplus ini terdiri dari 3 bersaudara dan seorang ayah, mereka adalah Jaru pada Lead Guitar / Keyboard / Vocal, Galifa pada Rythem Guitar / Vocal dan Jim pada Bass / Vocal. Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si pun turut menyanyikan lagu "Muda - Mudi" dan lagu "Kembali" bersama T'Koes Band.

Di setiap kecamatan telah melaksanakan beberapa rangkaian acara untuk memeriahkan perayaan Hari Jadi ke - 16 Kab. Basel, diantaranya yang pertama kali digelar di Kecamatan Air Gegas dengan icon Ngarak Teluk Serujo, kedua di Kecamatan Pulau Besar dengan icon Ngarak Pusaka Bumi, ketiga di Kecamatan Tukak Sadai dengan icon Museum Gerhana Matahari Total, dan keempat di Kecamatan Toboali dengan icon Millennial Road Safety Festival. Sedangkan, yang kelima di Kecamatan Lepar Pongok dengan icon Ngarak Serujo Kue Badak, dan keenam di Kecamatan Simpang Rimba dengan icon Ngarak Gasing Kayu, serta ketujuh di Kecamatan Payung dengan icon Ngarak Bungkol. Terakhir di Kecamatan Kepulauan Pongok dengan icon Festival Pesona Budaya seperti, Arakan Teluk Serujo, Dayung Ketok, Kayau, Balap Mutor Panceng dan "Begalor". 

Bupati Bangka Selatan (Basel) Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si dalam sambutannya berharap kegiatan tersebut menjadi barometer keberhasilan disetiap kecamatan masing-masing. Disamping itu, imbuh dia, banyak hal yang ingin dilaksanakan untuk mengisi pembangunan di Bumi Junjung Besaoh ini agar dapat mensejajarkan diri dengan kabupaten lainnya, atau bahkan melebihinya. Yang mana hal tersebut, dijelaskan dia, terangkum dalam visi "Mewujudkan Bangka Selatan Yang Mandiri, maju, Sejahtera dan Berdaya Saing" melalui "Percepatan Peningkatan Kapasitas Daya Saing Sumber Daya Manusia Berbasis Arah dan Kebijakan Pembangunan Kewilayahan". 

Dikatakan Justiar, 16 tahun sudah perjalanan Pemerintahan Kabupaten Basel, telah banyak dinamika yang dilalui, ada beberapa kemajuan, prestasi dan keberhasilan yang diraih, namun ada pula sektor pembangunan yang harus mendapatkan perhatian khusus, maka menurutnya intervensi pembangunan di segala bidang terus di tingkatkan. "Kita sadari bahwa masih panjang jalan yang harus ditempuh untuk memajukan Kab. Basel, banyak dana yang dibutuhkan, banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, banyak kreasi yang harus ditumbuhkan. Oleh karena itu, bentuk-bentuk dukungan dan masukan dari berbagai pihak sangatlah menentukan perjalanan Kab. Basel baik masa kini maupun untuk masa yang akan datang," harap dia.

Ia juga berharap dan mengajak seluruh pejabat dan stake holder yang ada di lingkungan Pemkab Basel beserta seluruh lapisan masyarakat untuk bersinergi dan bersama sama membangun Kab. Basel agar menjadi lebih baik kedepannya," pungkasnya sembari mengucapkan selamat Hari Jadi ke - 16 Kabupaten Bangka Selatan.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Toni Batubara dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat Hari Jadi ke - 16 Kab. Basel. "Semoga Kab. Basel menjadi kabupaten yang semakin baik kedepannya, selamat Hari Jadi ke - 16 Kab. Basel," ucapnya. 

Mengusung tema "Urang Bangka Selatan Hebat, Yo Hame - Hame Begawe Wujudkan Bangka Selatan Mandiri, Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing" perayaan tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD Prov. Kep. Babel, Pimpinan DPRD Basel beserta anggota, unsur Forkompimda, Plh. Sekda Basel, anggota Presedium Pembentukan Kabupaten Basel, Unsur Pemda, Instansi Vertikal, Pimpinan Bank, Ketua TP PKK Basel beserta anggota, Insan Pers dan LSM, tokoh adat, tokoh agama, pemuka adat, dan masyarakat. (*edokfo)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Edi Saputra | M. Rhedo | Humpro Basel
Editor: 
Rustam
Bidang Informasi: 
Kominfo